PENINGKATAN PENGETAHUAN SETELAH PENYULUHAN CUCI TANGAN YANG BENAR PADA SISWA/SISWI KELAS V SD KALISUREN 2 KAMPUNG BARU TAHUN 2016

Gisely Vionalita

Sari


Abstract

Elementary School (SD) is the right place as a foundation in the change of healthy behavior that will be done in the future. Hand washing is a simple step in the prevention of infectious diseases but not yet applicable in Kalisuren Kampung Baru Elementary School. This is supported by the high incidence of diarrhea in the elementary school students. Kalisuren elementary school is found as the highest incidence of diarrhea. The rate of diarrhea can be reduced to 4% by washing the right hands. Kalisuren Kampung Baru Elementary School has not done any program to teach how to wash hands properly. Therefore this community devotion is doing proper handwashing handling for Kalisuren Kampung Baru Elementary School students, The methodology of the program is presentation using power point slide and animation video which then continued with proper handwashing practice and accompanied by pretest and posttes for measuring change of knowledge. Implementation is considered very successful in improving the knowledge of students / students in doing hand washing properly. Cumulatively, it can be concluded that the extension activities on how to properly wash the hands given at Kalisuren Elementary School, New Kampung have shown an increase in knowledge and understanding and are expected to teach healthy way of life now and up to the time. This increasing of the knowledge is expected can change handwashing behavior in the future and will improve quality of life.

 

Keywords: PHBS, health behaviour, elementary school

 

Abstrak

Sekolah Dasar (SD) merupakan tempat yang tepat sebagai landasan dalam perubahan prilaku sehat yang akan dilakukan di masa yang akan datang. Mencuci tangan adalah langkah sederhana dalam pencegahan penyakit menular namun belum dapat diterapkan di SD N kalisuren Kampung Baru. Hal ini ditunjang dengan tingginya angka kejadian diare pada siswa/siswi SD tersebut. SD Kalisuren merupakan SD dengan angka tertinggi kejadian diare (HCD, 2015). Angka diare dapat diturunkan hingga 4% dengan mencuci tangan yang benar. SD kalisuren, kampong Baru belum memiliki program penyuluhan untuk mengajarkan cara mencuci tangan yang benar. Oleh karena itu pengabdian masyarakat ini melakukan penyuluhan mencuci tangan yang benar untuk siswa/siswi SD kalisuren, kampung Baru kelas V dengan metode penyuluhan menggunakan slide power point dan video animasi yang kemudian dilanjutkan dengan praktek mencuci tangan yang benar dan disertai dengan pretest dan posttes untuk mngukur perubahan pengetahuan. Pelaksanaan dinilai sangat berhasil dalam meningkatkan pengetahuan siswa/siswi dalam melakukan cuci tangan yang benar. Secara kumulatif, dapat disimpulkan bahwa kegiatan penyuluhan mengenai cara mencuci tangan dengan benar yang diberikan di SD Kalisuren, kampung Baru telah menunjukkan peningkatan pengetahuan dan pemahaman serta ddiharapkan dapat mengajarkan cara hidup sehat sekarang dan hingga saat nanti. Peningkatan pengetahuan ini diharapkan dapat merubah perilaku cuci tangan di masa yang akan dating dan berdampak terhadap peningkatan kualitas hidup.

 

Kata kunci: PHBS, perilaku sehat, sekolah dasar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Albar. (2003). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Untuk Petugas Puskesmas, Medan, Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Utara.

Departemen Kesehatan RI. (2007). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Bakti Husada, Jakarta. Departemen Kesehatan.

Departemen Kesehatan RI. (2008). Promosi Kesehatan di Sekolah. Jakarta.

Departemen Kesehatan. (2011). “Penyakit Diare.†Jakarta

Kemenkes RI. Undang- Undang Nomor 36 Tahun 2009 pasal 79 tentang Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi perkembangan anak dan remaja. BPK Gunung Mulia.Handayani, W. (2012). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Sains Dengan Media Gambar Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Joton III Tahun Ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

United Nation Children’s (UNICEF). (2009). Child Friendly Schools.

Wulandari, H. (2011). Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Anak Usia Dini Di TK Aba Tegalsari Yogyakarta (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v4i1.1967

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats