PKM KELOMPOK SISWA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (IT)

Drina Intyaswati, Dian Tri Hapsari

Sari


Abstract

Writing is a postive activity that needs to be developed since childhood. Currently there are many writing competitions among children or school students. Many writing contest on the blog, which is a combination of writing and utilization of information technology. However, there are still many Indonesian children who still do not have a habit of writing, because of this reason, PKM team UPN "Veteran" Jakarta do community service by conducting writing training through blogs, writing on their own blog is a combination of writing habits and utilization of information technology (IT ). Program Result of Community Activities in MTs. Al Amanah Sawangan- Depok succeeded in fostering the creativity of students in writing, especially writing on blogs. The method used during the training to create a blog is a lesson study, which has three stages of activity and there is a process evaluation of the stages that have been implemented, and has the nature of repetitive (cycle). Based on PKM activities that have been done, it is still necessary community service workers who can participate to help improve the creativity of children, especially writing habits, and explore it technology by exposing the article through the blog. Writing on blogs not only develops writing skills, it is possible to follow many of the competitions that are associated with blogs, with many interesting prizes, and can also promise as a blogger's profession.

 

Keywords: blog, information technology, writing

 

Abstrak

Menulis adalah suatu kegiatan posistif yang perlu dikembangkan sejak kecil. Saat ini sudah banyak kompetisi menulis di kalangan anak-anak atau siswa sekolah. Dan juga maraknya lomba penulisan didalam blog, yang merupakan perpaduan kegiatan menulis dan pemanfaatan teknologi informasi. Akan tetapi masih banyak anak-anak Indonesia yang masih belum memiliki kebiasaan menulis, karena hal tersebut tim PKM UPN “Veteran” Jakarta melakukan pengabdian masyarakat dengan mengadakan pelatihan penulisan melalui blog, menulis pada blog sendiri merupakan perpaduan antara kebiasaan menulis dan pemanfaatan teknologi informasi (IT). Hasil Program Kegiatan Masyarakat di MTs. Al Amanah Sawangan-Depok berhasil menumbuhkan kreativitas siswa dalam menulis, khususnya menulis pada blog. Metode yang digunakan selama pelatihan membuat blog adalah lesson study, yang memiliki tiga tahap kegiatan dan terjadi proses evaluasi terhadap tahapan yang sudah dilaksanakan, dan memiliki sifat berulang (siklus).Berdasar kegiatan PKM yang telah dilakukan, maka masih diperlukan tenaga-tenaga pengabdian masyarakat yang dapat ikut serta membantu meningkatkan kreatifitas anak-anak khususnya kebiasaan menulis, serta memanfaatkan teknologi dengan mengekspos tulisan tersebut melalui blog. Menulis di blog tidak hanya mengembangkan kemampuan menulis, akan tetapi memungkinkan mengikuti banyak kompetisi yang dilakukan yang berhubungan dengan blog, dengan berbagai hadiah yang menarik, serta dapat menjanjikan juga sebagai profesi penulis blog (blogger).

 

Kata kunci: blog, menulis, teknologi informasi


Referensi


Daftar Pustaka

Ariasari, Fany, (2006). Pernak-Pernik Blog Cantik, Atraktif, danFungsional. Mediakita, Jakarta.

FPMIPA UPI, Bandung.

Gray, David. (2004). Doing Research in the Real World.Sage Publication,California.

http://www.nesabamedia.com/cara-membuat-blog/ diakses pada 10 Agustus 2017.

Mazdalifah. (2012). Struktur Pengetahuan dan Kecakapan Media Literasi Keluarga (Studi

Perbandingan Keluarga di Kota Medan). Thesis USM, Penang.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono, (2009), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Tim Lesson Study. (2006). Upaya Meningkatnya keprofesionalan Guru Melalui Lesson Study.

Wibawa, Helmie Arif. (2017). IbM Kelas Vitual Untuk SMPN 6 dan SMAN 2 Salatiga. Abdimas, 21(1), 21-27.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365