PENGUATAN USAHA MELALUI PERLUASAN JARINGAN PEMAARAN DAN INOVASI PRODUK KUE KERING DAN SNAK PADA KELOMPOK UP2K KELURAHAN GISIKDRONO, KECAMATAN SEMARANG BARAT, KOTA SEMARANG

Indarto Indarto, Aprih Santoso, Joko Santoso

Sari


Abstract

Business activities that are members of UP2K - PKK mostly are food business. This is reasonable because the people inu very master the field. The previous IbM proponent team has provided assistance to UP2K-PKK in Kelurahan Gisikdrono, but is still general, not yet focused on each group. In general, all implementing groups of UP2K PKK Gisikdrono have high spirit and determination to move forward and develop. problems encountered and undertaking business development efforts, among others: (a) to provide input and guidance for improvement of quality, appearance and packaging of pastry products; (b) conducting Counseling on product and packaging development and innovation; (c) Provide counseling in building marketing and partnership networks; and (d) Assist group members to innovate both product, packaging and marketing network. The result of community service is the business group has been motivated to apply various extension materials that have been given in the framework of product development and marketing development of cake products and various snacks produced for the improvement of product quality and competitiveness

 

Keywords: innovation, packaging, marketing

 

Abstrak

 Kegiatan usaha yang digeluti anggota UP2K – PKK kebanyakan adalah usaha makanan. Hal ini wajar karena kaum inu sangat menguasai bidang tersebut. Tim pengusul IbM sebelumnya telah melakukan pendampingan terhadap UP2K-PKK di Kelurahan Gisikdrono ini, tetapi masih bersifat umum, belum terfokus pada tiap – tiap kelompok. Secara umum, semua kelompok pelaksana UP2K PKK Gisikdrono memiliki semangat dan tekad yang tinggi untuk terus maju dan berkembang. permasalahan yang dihadapi dan melakukan upaya – upaya pengembangan usaha, antara lain : (a) memberi masukan dan pembinaan untuk perbaikan kualitas, penampilan dan kemasan produk kue kering; (b) mengadakan Penyuluhan mengenai pengembangan dan inovasi produk maupun kemasan; (c) Memberi penyuluhan dalam membangun jaringan pemasaran dan kemitraan; dan (d) Membantu anggota kelompok untuk melakukan inovasi baik produk, kemasan dan jaringan pemasaran. Hasil pengabdian kepada masyarakat adalah pelaku kelompok usaha telah termotivasi menerapkan berbagai materi penyuluhan yang telah diberikan dalam rangka pengembangan produk dan pengembangan pemasaran dari produk kue kering dan aneka snack yang dihasilkan demi peningkatan kualitas dan daya saing produk

 

Kata kunci : inovasi, kemasan, pemasaran


Referensi


Daftar Pustaka

Anonim, (2010). Bisnis UMKM.Com., Cara Jitu memperluas Jaringan Bisnis

Anonim, (2010), Bisnis UMKM.Com. Pelatihan Kemasan dan Label Produk oleh Kadin Jateng

Anonim, (2012). Resep ID.com. Cara membuat Egg Roll Ubi Ungu

Anoraga, Panji. (2000). Manajemen Bisnis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Echdar, Saban. (2013). Manajemen Enterpreneurship: Kiat Sukses Menjadi Wirausaha. Yogyakarta: CV. Andi Offset.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365