PELATIHAN PENERAPAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD PELITA 2, JAKARTA BARAT

Harlinda Syofyan, Rindra Soraya

Sari


Abstract

The success of a teaching-learning process in the classroom is directly influenced by the teaching teacher. Using appropriate strategies, approaches and methods and appropriate to classroom circumstances will greatly help teachers to deliver the learning materials they want to present and students will also be able to easily understand the material. Science is a science very close to nature. In the concept is always associated with real facts. Learning science is not just memorize the concept and principles of science, science subjects are science that aims to instill and develop knowledge, skills, attitudes and scientific values to students and love and appreciate the greatness of God Almighty. Based on the observation in SD Pelita 2 West Jakarta, in the learning process, teachers still use conventional or teacher-centered teaching methods as the information giver, and the students only listen to the material presented by the teacher so that the students' learning outcomes are low. The role of Higher Education through the Tridharma of Higher Education is to carry out Education, Research and Community Service. One form of obligation and concern is then as a Permanent Lecturer or based on the Faculty of Teacher Training and Education Esa Unggul University, implementing Community Service through the extension method in Training Skills Implementation Process in learning to achieve learning objectives in SD Pelita 2 West Jakarta. The subjects of community service are all teachers of IPA in SD Pelita 2 West Jakarta.

 

Keywords: process skills, learning outcomes, science

 

Abstrak

Keberhasilan suatu proses belajar mengajar di dalam kelas dipengaruhi langsung oleh guru yang mengajar. Dengan menggunakan strategi, pendekatan dan metode yang tepat dan sesuai dengan keadaan kelas akan sangat membantu guru untuk menyampaikan materi pembelajaran yang ingin di sajikan dan murid juga akan sangat mudah memahami materi tersebut. IPA adalah suatu ilmu pengetahuan yang sangat dekat dengan alam. Dalam konsepnya selalu berhubungan dengan fakta-fakta yang nyata. Belajar IPA bukan hanya sekedar menghafalkan konsep dan prinsip IPA,mata pelajaran IPA adalah ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk menanamkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai ilmiah pada siswa serta rasa cinta dan menghargai kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Berdasarkan hasil observasi di SD Pelita 2 Jakarta Barat, pada proses pembelajaran guru masih menggunakan cara mengajar yang konvensional atau berpusat pada guru sebagai pemberi informasi, dan siswa hanya mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru sehingga hasil belajar siswa rendah. Peran Perguruan Tinggi melalui Tridharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Salah satu bentuk kewajiban dan kepedulian tersebut maka sebagai Dosen Tetap atau berpangkalan pada Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Esa Unggul, melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat melalui metode penyuluhan dalam Pelatihan Penerapan Keterampilan Proses dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran di SD Pelita 2 Jakarta Barat. Subjek pengabdian kepada masyarakat ini adalah seluruh Guru IPA di SD Pelita 2 Jakarta Barat.

.

Kata kunci: keterampilan proses, hasil belajar, IPA


Referensi


Daftar Pustaka

Maslichah Asy‟ari. (2006). Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Mungajilah. (2010). Penerapan Keterampilan Proses Pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UNESA.

Nasution Noehi, dkk (2007). Pendidikan IPA di SD. Jakarta. Universitas Terbuka.

Patta Bundu. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains SD. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti.

Poppy Kamalia Devi. (2010). Ketrampilan Proses dalam Pembelajaran IPA. Jakarta. PPPPTK IPA

Semiawan .(2008). Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Semiawan, Cony., dkk. (1992). Pendekatan Ketrampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Grasindo.

Sri Sulistyorini. (2007). Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Suprihadi, dkk. (2000). Strategi Pembelajaran. Malang: Depdiknas.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, Dan Implementasi Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Usman Samatowa. (2011). Pembeajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365