PENINGKATAN KUANTITAS DAN KUALITAS PRODUKSI OLAHAN KACANG UNTUK OLEH-OLEH KHAS BALI

Ni Made Dwi Puspitawati, Made Hendra Wijaya, Ida Ayu Putu Utami Paramita

Sari


Abstract

Peanut processed business is one business that promises to be occupied and can generate profits if managed properly. This underlying Mr. Sulatra opened a processed peanuts “kapri” business in Nyanglan Village, Bangli regency on May 9, 2013 with the name of “Kacang Surya Bali”. The marketing of “Kacang Surya Bali” to date extends to the “Shop of Bali’s Souvenirs” and Ngurah Rai International Airport at Domestic departure. The second partner's partner is “Kacang Disco Kecak Mama” which is engaged in the same field of peanut processing into peanut food with various flavors since 2004. Founded by Mr. Gede Sumerta in 2004, until now “Kacang Disco Kecak Mama” has various variant of taste that is original, super spicy, cheese, barbeque, pizza, squid, shrimp, grilled fish, milk egg honey, and soy essence. So far Kacang Disco Kecak Mama can be found in some traditional markets in Bali or in the “Shop of Bali’s Souvenirs”. One of the problems faced by a group of processed peanuts for Bali souvenirs about the need for production equipment to support the production process so that more efficiently without neglecting the quality of nuts produced. From the implementation of this dedication, the two business partners get the benefit of capacity building and production quality where the spinner serves to make peanuts cleaner, dry and durable, and the partners can efficiently time from producing 5kg beans per 25minutes, and now only takes 5kg per 15minutes, a gasoline-spice grinder makes peanuts more hygienic and the use of tools is practical. In addition, the use of press tools can speed up the packaging process and beautify the look of the sold beans.

 

Keywords : peanut, bali’s souvenier, quantity

 

Abstrak

Bisnis olahan kacang merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan untuk ditekuni dan dapat menghasilkan keuntungan apabila dikelola dengan baik. Hal ini yang mendasari Bapak Sulatra membuka usaha olahan kacang kapri di Desa Nyanglan, Kabupaten Bangli pada tanggal 9 Mei 2013 dengan nama kacang Surya Bali. Pemasaran kacang Surya Bali sampai saat ini meluas hingga ke toko Oleh-oleh Khas Bali dan Bandara Internasional Ngurah Rai di keberangkatan Domestik. Pegusaha mitra kedua yakni Kacang Disco Kecak Mama yang bergerak di bidang yang sama yaitu pengolahan kacang tanah menjadi makanan kacang dengan berbagai rasa sejak tahun 2004. Didirikan oleh Bapak Gede Sumerta pada tahun 2004, hingga kini kacang disco kecak mama memiliki berbagai varian rasa yakni original, super pedas, keju, barbeque, pizza, cumi, udang, ikan bakar, susu telur madu, dan sari kedelai. Sejauh ini Kacang Disco Kecak Mama dapat ditemui dibeberapa pasar tradisional yang ada di Bali maupun di toko oleh-oleh Khas Bali. Salah satu permasalahan yang dihadapi baik oleh kelompok usaha olahan kacang untuk oleh-oleh khas Bali mengenai kebutuhan akan alat produksi demi menunjang proses produksi sehingga lebih efisien tanpa mengesampingkan kualitas kacang yang dihasilkan. Dari pelaksanaan pengabdian ini, kedua mitra usaha mendapatkan manfaaat berupa peningkatan kapasitas dan kualitas produksi dimana alat spiner berfungsi membuat kacang lebih bersih, kering dan tahan lama, serta mitra dapat mengefisiensikan waktu dari memproduksi kacang 5kg/25 menit, dan sekarang hanya membutuhkan waktu 5kg/15menit, alat penggiling bumbu berbahan bakar bensin menjadikan kacang lebih higienis dan penggunaan alatnya pun praktis. Selain itu, penggunaan alat pres dapat mempercepat proses pengemasan dan memperindah tampilan kacang yang dijual.

 

Kata kunci : kacang, oleh-oleh khas Bali


Referensi


Daftar Pustaka

Lin, C dan Lekhawipat, W. (2014). Factors Affecting Online Purchase Intention. Industrial Management and Data System, Vol. 114, No. 4, pp. 597-611

Muhsin, M. dan Ahmad, N. S. (2017). Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Kripik Pisang Dengan Mesin Perajang di Desa Jati Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Jurnal Adimas, Vol. 1, No. 2, pp. 11-17

Putra, G.P., Arifin, Z., Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputuasan Pembelian dan Dampaknya tehadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 48, No. 1, pp. 124-131

Putri, K. S., Widyadana, I.G.A., Palit, H. C. (2005). Peningkatan Kapasitas Produksi pada PT. Adicitra Bhirawa. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 48, No. 1, pp.69-76

Tjiptono, Fandy, Gregorius dan Dadi Adriana. (2008). Pemasaran Strategik. Yogyakarta : ANDI


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365