PELATIHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK UKM DI KAMPUNG WISATA BISNIS TEGALWARU BOGOR

Rini Hidayati, Muslikh Anis Byarwati

Sari


Abstract

The purpose of this program is to increase competitiveness micro and small medium enterprises (SMEs) in business tourism village Tegalwaru Bogor. The method used in this program is training about marketing and entrepreneurship for SMEs.The result is the increasing of awareness and understanding of marketing and entrepreneurship included: finance, banking, accounting, marketing, and cooperatives. Therefore, marketing and entrepreneurship training for SMEs enterprise should be done continuously, thus increasing sales turnover.

 

Keywords: competitiveness, training, marketing

 

Abstrak

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan daya saing produk UKM kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor. Metode yang dipergunakan adalah pelatihan dan pendampingan tentang pemasaran dan kewirausahaan. Hasil yang dicapai adalah meningkatnya pemahaman pelaku UKM kampung Wisata Bisnis tentang pemasaran dan kewirausahan yang meliputi aspek: Pemasaran era digital, pemasaran berbasis teknologi informasi, branding, inovasi dan kreativitas, daya saing produk. Kegiatan penmgabdian masyarakat ini sangat bermanfaat bagi pelaku UKM di kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor dalam meningkatakan daya saing produk yang dihasilkan

 

Kata kunci: daya saing, pelatihan, pemasaran

 

 


Referensi


Daftar Pustaka

Agarwal, Erramilli. (2003). Market Oriented and Performance In Service Firm: Role of Innovation, Journal of Services Marketing. Vol.17 No.1 pp 68-82.

Alder Haymas Manurung. (2015). Bisnis UmKM, Kompas Media Nusantara Jakarta.

Dolinger, Marc J. (2013). Entrepreneurship: Strategies and Resources, Printice Hall: Singapore.

J.Paul Peter and Jerry C.Olson (2015), Consumer Behavior and Marketing Strategy, Ninth Edition. Mc.Graw Hill.

Safak Muhamad. (2010). Cara Mudah Orang Gajian Menjadi Enterpreneur, Media Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Pitra Sarosa. (2006). Becoming Yong Enterpreneur, Alex Media Competindo.

Tambunan, Tulus. (2012). Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia: Beberapa Isu. Penting, Penerbit Jakarta; Salemba Empat.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365