RE-DESIGN LOGO USAHA KECIL MENENGAH PADA TOKO GIBRAN COLLECTION DI PULANG UNTUNG JAWA

Muhammad Fauzi

Sari


Abstract

With the increase in tourists to the island of Untung Jawa which is getting sharper so that the Small and Medium Business Actors "Gibran Collection" serves increased sales from various consumers in the city and outside the city. On the other hand, Gibran Collection shop has promotional media, one of which is a business identity in the form of a logo. Therefore, it is necessary to have a good logo evaluation for the business as applied to the principles of visual communication design and the criteria of the logo need to be adjusted to the concept of the store. can bring a good impression in the eyes of consumers. The condition of the Gibran Collection Store logo is less than ideal and does not fulfill the elements of proper visual communication design so that the function of the logo is less than ideal. In the service to the community here aims to provide input and at the same time research the design of visual communication, especially Business Identity in the form of Logo so that it can solve the solution for the Gibran Collection Store with the ideal design results. This community service observation strategy uses Phenomenology which is intended to guide research in the realm of design, including the design of visual communication through in depth relying on intuition and intellectuality of researchers to understand the problems of graphics, carried out by experiencing space directly from all possible directions.

 

Keywords:plentong batik, design, artificial lighting

 

Abstrak

Dengan meningkatnya wisatawan ke Pulau Untung Jawayang semakin tajamsehingga Pelaku Usaha Kecil Menengah“Gibran Collection” melayani penjualan yang meningkat dari berbagai kalangan konsumen didalam kota maupun luar kota. Di sisi lain, took Gibran Collection memiliki media promosi yang salah satunya identitas usaha berupa logo, oleh karena itu perlu adanya evaluasi logo yang baik bagi usaha sebagaimana diterapkan prinsip-prinsip desain komunikasi visual yang disiplin dan kriteria logo perlu disesuaikan konsepm dari tokonya agar identitas tersebut dapat membawa kesan yang baik dimata konsumen. Kondisi logo Toko Gibran Collection yang kurang ideal dan tidak memenuhi unsur-unsur desain komunikasi visual yang tepat sehingga fungsi dari logo tersebut kurang ideal. Dalam pengabdian kepada masyarakat disini bertujuan untuk memberi masukan dan sekaligus meneliti mengenai desain komunikasi visual khususnya Identitas Usaha berupa Logo sehingga dapat memcahkan solusi untuk Toko Gibran Collection dengan hasil rancangan yang ideal. Strategi pengamatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan Fenomenologi yang ditujukan untuk membimbing penelitian di ranah desain termasuk desain komunikasi visual dilalui secara mendalam bersandar intuisi dan intelektualitas peneliti untuk memahami permasalahan grafis, dilakukan dengan mengalami keruangan secara langsung dari segala arah yang memungkinkan

 

Kata kunci: gibran collection, desain, logo


Referensi


Daftar Pustaka

Adian, Donny Gahral. (2010).Pengantar Fenomenologi. Depok: Penerbit Koekoesan.

Brouwer, MAW. (1983). Psikologi Fenomenologis. Jakarta: PT Gramedia.

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: CV.ANDI OFFSET.

Nugroho, Eko. (2008). Pengenalan Teori Warna. Yogyakarta: ANDI YOGYAKARTA.

Daymon, Cristin, dan Holloway, Immy. (2008).Metode-metode Riset Kualitatif dalam Public Relations dan Marketing Communication. Yogyakarta: Bentang.

Rustan, Surianto. (2009). Layout Dasar dan Penerapannya. Jakarta: GRAMEDIA.

Bogdan, Robert C. Dan Steven J. Taylor. (1992).Introduction to Qualitative Research Methotds : A Phenomenological Approach in the Social Sciences, alih bahasa Arief Furchan, John Wiley dan Sons, Surabaya,Usaha Nasional.

Rustan, Surianto. (2013). Mendesain Logo. Yogyakarta: CV.ANDI OFFSET. Jakarta: GRAMEDIA.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365