IBM PADA APLIKASI SUPERGRAFIS UNTUK MEDIA PROMOSI UKM TOKO BAJU BETOKDI PULAU UNTUNG JAWA, DKI JAKARTA

Huddiansyah Huddiansyah

Sari


Abstract

Increasing tourist arrivals on Untung Jawa Island make business as a typical souvenir shop for Untung Jawa Island. However, it turns out that the UKM "Toko Baju Betok" does not have a logo that can later be applied to the UKM promotion media. Therefore, there needs to be a good logo change for companies that apply the principles of visual communication design that are disciplined and the right logo to adjust the concept of the SME-free-order that can be used to share knowledge or transfer knowledge and provide results modeling based on scientific visual communication design as a support service to independent entrepreneurial communities in order to be capable and have a comfortable feeling in the business according to their demands. The specific target to be conveyed is understanding and usefulness to implement or implement an effective design for UKM Betok Clothing Store in order to be able to adjust between the needs and the industrial world, as a support and source of devotion at this time and also in the design results of visual communication design. The method used for applications and models with delivery that uses the results of a 2-dimensional model of the model to improve the performance and the right work can really be adjusted and added competitiveness in the thousand islands

 Keywords: ukm “betok clothing shop”, supergraphic application, sme promotion media

                                                                                                            

Abstrak

Meningkatnya kunjungan wisatawan pada Pulau Untung Jawa membuat pelaku usaha kecil menengah terutama Toko Baju Betok melayani penjualan baju sebagai cinderamata khas Pulau Untung Jawa, Namun ternyata, UKM “Toko Baju Betok” tidak memiliki logo yang nantinya dapat diaplikasikan pada media promosi UKM tersebut. Oleh karena itu perlu adanya evaluasi logo yang baik bagi usaha sebagaimana diterapkan prinsip-prinsip desain komunikasi visual yang disiplin dan kriteria logo perlu disesuaikan konsep dari UKM-nya agar identitas tersebut dapat membawa kesan yang baik dimata konsumen selain itu juga untuk berbagi pengetahuan atau transfer knowledgedan memberikan hasil pemodelan berdasarkan keilmuan desain komunikasi visual sebagai pendukung pelayanan kepada masyarakat wirausaha mandiri agar berkemampuan dan memiliki perasaan nyamandalam mempromosi usahanya sesuai kebutuhannya.Target khusus yang ingin dicapai adalah pemahaman dan kemampuan untuk menerapkan atau mengaplikasikan keilmuan desain secara umum sebagai pendukung pelayanan kepada UKM Toko Baju Betok agar mampu menyesuaikan dari tuntutan dan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri, sebagai pendukung dan sumber pustaka pengabdian pada masyarakat ini diberikan juga pada hasil rancangan desain komunikasi visual. Adapun metode yang digunakan berbentuk aplikasi perangkat lunak dan model dengan penyampaian yang praktis melalui hasil gambar 2 dimensi model untuk meningkatkan pelayanan kepada pelaku usaha dan perusahaan sehingga benar-benar dapat diterima dan menambah daya saing usaha di kepulauan seribu

 

Kata kunci: ukm “toko baju betok”, aplikasi supergrafis, media promosi ukm


Referensi


Daftar Pustaka

Adian, Donny Gahral. (2010). Pengantar Fenomenologi. Depok: Penerbit Koekoesan.

Bogdan, Robert C. Dan Steven J. Taylor. (1992). Introduction to Qualitative Research Methotds : A Phenomenological Approach in the Social Sciences, alih bahasa Arief Furchan, John Wiley dan Sons, Surabaya,Usaha Nasional.

Brouwer, MAW. (1983).Psikologi Fenomenologis. Jakarta: PT Gramedia.

Daymon, Cristin, dan Holloway, Immy. (2008).Metode-metode Riset Kualitatif dalam Public Relations dan Marketing Communication. Yogyakarta: Bentang.

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: CV.Andi Offset.

Nugroho, Eko. (2008). Pengenalan Teori Warna. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Rustan, Surianto. (2009). Layout Dasar dan Penerapannya.Jakarta: Gramedia.

Rustan, Surianto. (2013). Mendesain Logo. Yogyakarta: CV.Andi Offset. Jakarta: gramedia.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365