PERANCANGAN MEDIA PROMOSI USAHA KECIL MENENGAH PADA TOKO GIBRAN COLLECTION DI PULANG UNTUNG JAWA

Geggy Gamal Surya

Sari


Abstract

The Gibran Collection shop is one of the stores that sell clothing products on the island of Untung Jawa in the Thousand Islands. The main point of this design is to create promotional media for the Gibran Collection Store so that it can increase product sales and increase revenue per day. This research method uses qualitative data supported by literature and direct observation through case studies. Based on the analysis, there are several things that must be raised to make promotional media that can attract the attention of new consumers from the condition of the Gibran Collection Store logo that is less than ideal and does not meet the elements of the appropriate visual communication design so that the design elements are less ideal such as design elements. and appropriate design styles for each promotional media application. In serving the community here aims to provide input and at the same time researching the design of visual communication, especially Business Identity in the form of Promotional Media so that it can solve the solution for the Gibran Collection Store with the ideal media design promotion results.

 

Keywords: gibran collection, design, media promotion

 

Abstrak

Toko Gibran Collection merupakan salah satu toko yang menjual produk pakaian di Pulau Untung Jawa kepulauan Seribu. Inti utama dari perancangan ini adalah untuk menciptakan media promosi untuk Toko Gibran Collectionsehingga dapat meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan pendapatan perharinya. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan data yang di dukung melalui kepustakaan dan pengamatan langsung melalui studi kasus. Berdasarkan analisis, ada beberapa hal yang harus diangkat untuk membuat media promosi yang dapat menarik perhatian konsumen baru dari Kondisi logo Toko Gibran Collection yang kurang ideal dan tidak memenuhi unsur-unsur desain komunikasi visual yang tepat sehingga fungsi dari unsur desain tersebut kurang idealseperti elemen desain dan gaya desain yang sesuai pada tiap pengaplikasian media promosi. Dalam pengabdian kepada masyarakat disini bertujuan untuk memberi masukan dan sekaligus meneliti mengenai desain komunikasi visual khususnya Identitas Usaha berupa Media Promosi sehingga dapat memcahkan solusi untuk Toko Gibran Collection dengan hasil rancangan media promosi yang ideal.

 

Kata kunci: gibran collection,desain, media promosi


Referensi


Daftar Pustaka

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Lillian, Garreth. (1986). Disain Visual. Penerjemah Budihardjo Wiryodirdjo dan Bambang Dwiantoro. Yogyakarta : Fakultas Senirupa dan Disain ISI.

Napoles, Veronica. (1988). Corporate ldentity Design. New York : Van Nostrand Reinhold.

Rustan, Surianto. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Supriyono, Rahmat. (2010). Desain Komunikasi Visual, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365