PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB TERHADAP KECERDASAN LINGUISTIK SISWA KELASV SDN SUKABUMI UTARA 04 PAGI

Zheftania Maya Fahlevi, Ainur Rosyid

Sari


Abstract

This research aims to investigate whether there is an influence of Round Club learning model in Linguistic Intelligence or not. The population of the research was 5th grade students of Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sukabumi Utara 04 Pagi which consisted of 27 students in the second semester at 2016-2017 academic year. The instrument of the research was an observation the test (in the pre-test and in post test) and the questionnaire. The instrument had been tested by validation test with r-table formula and r product moment with significance 5% was got r table 0,381. Moreover, the reliability test was tested by utilizing Alfa Cronbach. If the value of alpha was > 0,60, the test was reliable. The Preliminary test was Lilliefors test for normality, simple regression test, and determination coefficient test-T. For Lilliefors test of the questionnaire, X variable was not normally distributed since Lobserved> Ltable which was Lobserved = 0,200 > Ltable = 0,161. On the other hand, Y variable was normally distributed since Lobserved< Ltable, which was Lobserved = 0,065 < Ltable = 0,161. On the simple regression test with the formula Y= a + bX + e was got Y = 7,142 + 1,621X + 0,05 meant the value of coefficient was positive. It meant there was a positive relationship between Round Club and Linguistic Intelligence. Moreover, on T-test was acquired that t observed 8,768 was bigger than t table 2,052 was with the significances value of α = 0,05 as the result, Ho was rejected, which meant Round Club Learning Model influenced positively to Linguistic Intelligence at the five gradeof SDN Sukabumi Utara 04 Pagi. This result gives a statement than the use of Round Club Learning Model could influence students’ LinguisticIntelligence.

 

Keywords: round club learning,  model, linguistic intelligenc

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran round club terhadap kecerdasan linguistik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sukabumi Utara 04 Pagi yang berjumlah 27 siswa pada tahun ajaran 2016/ 2017. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi (pre-test dan post-test) dan angket instrumen diuji validitasnya dengan menggunakan rumus r-tabel dan r product moment dengan banyaknya siswa 27 dan diperoleh r–tabel (df : 27-2=25, sehingga harga r-0,381) dan r-product moment dengan signifikan 5% diperoleh r–tabel 0,381. Kemudian uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alfa Cronbach, jika nilai alpha> 0.60, maka reliabel. Uji persyaratan dalam analisis ini adalah Uji Lilliefors untuk normalitas, Uji Regresi Sederhana, Uji Kofisien Determinasi dan Uji – T. Untuk uji Lilliefors angket, variabel X tidak berdistribusi normal karena Lhitung> Ltabel, yaitu Lhitung = 0,200 > Ltabel 0,161, sedangkan variabel Y berdistribusi normal karena Lhitung< Ltabel, yaitu Lhitung = 0,065 < Ltabel 0,161. Pada uji Regresi Sederhana dengan rumus Y = a + bX + e diperoleh Y = 7,142 + 1,621X + 0,05 artinya Koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara Model Pembelajaran Round Club dengan Kecerdasan Linguistik. Pada uji-t diperoleh bahwa t hitung sebesar 8,768 lebih besar dari t tabel 2,052 pada taraf signifikansi α = 0,05 maka Ho ditolak, yang artinya Model Pembelajaran Round Club berpengaruh positif secara signifikan terhadap Kecerdasan Linguistik di kelas V SDN Sukabumi Utara 04 Pagi. Kesimpulan ini memberikan suatu pengertian bahwa penerapan model pembelajaran round club merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan linguistik siswa.

 

Kata kunci : model pembelajaran, round club, kecerdasan linguistik


Referensi


Daftar Pustaka

Damayanti, Dian., dkk. Karakteristik Siswa SD Kelas Tinggi, Konsep dan Karakteristik IPS SD, dan Pembelajaran IPS Terpadu. https://www.academia.edu/8566306/Karakteristik_Siswa_SD_Konsep_and_Karakteristik_IPS_SD_Pembelajaran_IPS_Terpadu

Jasmine, Julia. (2016). Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung: Penerbit Nuansa.

Khoeriyah, Nikmatul. (2013). Keefektifan Strategi Keliling Kelompok dalam Pembelajaran Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP N 2 Ngemplak, Sleman. Skripsi, file:///D:/SEMESTER%208,%202017/Jurnal%20Skripsi%20Fix/Nikmatul%20Khoeriyah%2009201244002.pdf diakses pada Tanggal 16 Maret 2017, Pukul 19.26 WIB.

Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran, Yogyakarta: Kata Pena.

Marlina, dkk. (2015). Meningkatkan Kecerdaan Linguistik Melalui Metode Bercerita Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi II Sidodadi Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Skripsi, http://eprints.ums.ac.id/32817/12/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf

Musfiroh, Tadkiroatun. (2012). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Banten: Universitas Terbuka.

Rahmawati, Karina. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecerdasan Linguistik Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi. 3, Tahun.5, 29 diakses pada Tanggal 16 Maret 2017, Pukul 19.27 WIB.

Royidi, Ayif. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kemampuan Bahasa Arab Siswa Kelas II SDIT Anak Sholeh Kota Mataram. Jurnal Ilmiah, Volume 18, No. 2, 78 diakses pada Tanggal 15 Maret 2017, Pukul 20.53 WIB.

Said, Alamsyah & Budimanjaya, Andi. (2015). 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligence Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prendamedia Group.

Sardiman AM. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Satinem. (2015). Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai Wahana Membentuk Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB. (www.repository.unib.ac.id) diakses pada Tanggal 2 Mei 2017, Pukul 21.57 WIB.

Sholeh, Khabib, dkk. (2016). Kecerdasan Majemuk Beroerientasi pada Partisipasi Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Solihatin, Etin. (2014). Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thoifah, I’anatut. (2016). Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatf. Malang: Madani Media.

Widyasari, Fibriyani, E. (2016). Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Metode Multiple Intelligences: Studi Kasus Di Sekolah Internasional.Jurnal Ilmiah, Volume 3, No. 1, 32 diakses pada Tanggal 16 Maret 2017, Pukul 19.28 WIB.

Winataputra, Udin. S., dkk. (2015). Pembaharuan dalam Pembelajaranitya di SD. Banten: Universitas Terbuka.

Zahroh, Aminatul. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.