PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL KELAS IV SDN SUKABUMI UTARAN 04 PAGI

Dede Fatmawati, Khusnul Fatonah

Sari


Abstract

This study aims to improve the skills of narrative writing through contextual learning class IV SDN Sukabumi Utara 04 morning. The type of this research is Classroom Action Research (PTK). This research is conducted two cycles that each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The subjects of the study were the fourth grade students of SDN Sukabumi Utara 04 Pagi, which amounted to 28 students. Data collection techniques used interviews, observation, documentation, and field notes. Verify the validity of data using triangulation. Data analysis technique used is descriptive qualitative and descriptive quantitative. The results showed that the skills of students in writing narrative have increased. Percentage of students writing skill score at the end of first cycle of meeting I was 62.59% or as many as 3 students got score ≥ 75, Second Meeting was 65.71% or as many as 4 students got value ≥ 75. Percentage of student writing skill score at end of second cycle of meeting I was 73.93 % or as many as 13 students got the value ≥ 75. The second meeting was 78.84% or as many as 21 students got the value of ≥ 75.


Keywords: writing skills narrative, contextual learning

                                                                                                     

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui pembelajaran kontekstual kelas IV SDN Sukabumi Utara 04 pagi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sukabumi Utara 04 Pagi yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam menulis narasi mengalami peningkatan. Persentase nilai keterampilan menulis siswa pada akhir siklus I pertemuan I sebesar 62.59% atau sebanyak 3 siswa mendapat nilai ≥ 75, Pertemuan II sebesar 65.71% atau sebanyak 4 siswa mendapat nilai ≥ 75. Persentase nilai keterampilan menulis siswa pada akhir siklus II pertemuan I sebesar 73.93% atau sebanyak 13 siswa mendapat nilai ≥ 75.Pertemuan II sebesar 78.84% atau sebanyak 21 siswa mendapat nilai ≥ 75.       

 

Kata kunci: keterampilan menulis narasi, pembelajaran kontekstual


Referensi


Daftar Pustaka

Arvianta, D. P. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Ngawonggo 1 Kabupaten Magelang. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Bana, M. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Pendekatan Kontekstual Dengan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas Ivb Sdn Wonosari 02 Semarang. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Djibu, S. (2013). Kemampuan Siswa Menulis Karangan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Di Kelas Iv Sdn 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango.

Gani dan Fitriyah. (2010). Disiplin Berbahasa Indonesia. Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.

Hidayat. (2013). Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Karangan Narasi Melalui Pendekatan Konstektual Kelas Iv Sd Negeri 53 Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh. Master Bahasa. (Vol. 1 No. 2).

Humaira, D. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas Iii Di Slb Sabiluna Pariaman. Jurnal ilmiah pendidikan khusus.

Johnson. E. B. (2002). CTL Contextual & Learning menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Kaifa .

Lestari. S. (2009). Upaya Meningkatkan KeTerampilanMenulis Siswa Dengan Pendekatan Kontekstual. Tesis. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ms, Z. (2014). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Menulis Di Sekolah Dasar (Action Research Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar). Mimbar Sekolah Dasar. (Vol. 1 No. 1).

Suladi. (2016). Paragraf. Jakarta : Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sutama. I. M. (2016). Pembelajaran Menulis. Yagyakarta : Pustaka Pelajar.

Tampuboolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Propesi Pendidikan dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Tonuo, S. N. (2013). Meningkatkan Kemampuan Menulis Pengumuman Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas Iv Sdn 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.