MODEL KOINTEGRASI PASAR MODAL INDONESIA DENGAN PASAR MODAL REGIONAL

Sugiyanto Sugiyanto, Sudarwan Sudarwan

Abstract


Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah membentuk model faktor-faktor ekonomi yang mempengaruhi  integrasi  IHSG-BEI, Jakarta dengan Indeks  Bursa  Saham Regional, serta melakukan kajian besaran  faktor-faktor  ekonomi  tersebut  dalam mempengaruhi integrasi IHSG dengan Indeks Bursa Saham Regional. Variabel makroekonomi yang digunakan adalah money market rate (MMR) yang merefleksikan tingkat suku bunga dan consumer price Index (CPI) yang merefleksikan tingkat inflasi. Untuk melihat keterkaitan bursa saham Indonesia (IHSG) dengan Indeks Bursa Saham Regional peneliti hanya menggunakan bursa saham Singapura (STI) dan bursa saham Hongkong (Hangseng) sebagai variabel yang mewakili bursa saham regional. Bursa  saham  Singapura  dan  Hongkong  adalah  bursa  saham  terdekat  dan berpengaruh terhadap bursa saham Indonesia (IHSG). Data penelitian dibatasi mulai Januari 2002 sampai dengan desember 2012. Untuk menjawab permasalahan yang dirumuskan, maka metode yang digunakan adalah metode vector autoregression (VAR) yang dilanjutkan dengan metode analisis vector error correction model (VECM). Penelitian tentang analisis keterkaitan IHSG dengan Indeks Bursa Saham Regional bermanfaat bagi masyarakat terutama para investor untuk mengetahui faktor-faktor ekonomi yang mempengaruhi integrasi IHSG dengan Indeks Bursa Saham Regional. Setelah itu untuk mengetahui besaran  faktor-faktor  ekonomi  tersebut dalam mempengaruhi integrasi IHSG dengan Indeks Bursa Saham Regional. Hasil penelitian  ini  menunjukkan bahwa terjadi kointegrasi di antara pasar modal di Indonesai (BEI) dengan pasar modal regional ( Singapura,Malaysia, Philipina, Thailand, Hongkong dan Jepang).Bursa efek di Singapura (STI) adalah bursa efek yangpalingb anyak pengaruhnya di kawasan yang diteliti. Sedangkan bursa efek di Philipina adalah bursa efek yang paling sedikit dipengaruhi oleh bursa efek di kawasan regional ini.

 

Kata kunci : Kointegrasi, VECM, stock market & money market

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Sidharta, 2011. Analisis KointegrasiPasar Modal IndonesiaThdp pasar Modal Dunia; pendekatan JOHANSEN COINTEGRATION TEST (studi kasus pada Bursa Efek Indonesia tahun 2001-2010). Masters thesis, Diponegoro University.

Anoraga, P. dan P. Pakarti. 2006. Pengantar Pasar Modal. Rineka Cipta, Jakarta.

Anwar, J. 2005. Pasar Modal Sebagai Sarana Pembiayaan dan Investasi. PT. Alumni, Bandung.

Atmadja, A.S. 2005. Are The Five ASEAN Stock Price Indices Dynamically Interacted. Jurnal Akuntansi & Keuangan, 7(1), Mei 2005: 43-60.

Bank Indonesia. Beberapa Edisi. Statistik Ekonomi Keuangan Indonesia. Bank Indonesia,

Jakarta.

Bloomberg, 2007. Bursa Hongkong akan ekspansi ke produk komoditas. Bisnis Indonesia, Jakarta.

Darwin , 2005. Posisi Indonesia Dan Negara-Negara APEC Dalam Globalisasi: Analisis Perkembangan Perdagangan Luar Negeri Dan Investasi. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan (JEP), XIII (1) 2005.

Darmadji, T dan H. M. Fakhruddin. 2006. Pasar Modal di Indonesia Pendekatan Tanya Jawab. Salemba Empat, Jakarta.

Enders, W. 2004. Applied Economic Time Series. Second Edition. Jhon Wiley and Sons, Canada.

Eprianti, F. 2005. Analisis Integrasi Pasar Modal Dengan Perbankan Dalam Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia [skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Goerdie, A. P. 2005. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perubahan Indeks Harga Saham Gabungan Pasca Krisis Tahun 2000-2004 [skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Gujarati, D.1978. Ekonometrika Dasar. Zain dan Sumarno[penerjemah]. Erlangga, Jakarta.

Hadi, S. 2004. Strategi Pembangunan Indonesia Pasca IMF: Edisi 1. Granit, Jakarta.

Haditomo, H.A. 2005. Analisis Pengaruh Variabel Makroekonomi Terhadap Kinerja Pasar Modal Pada Bursa Efek Jakarta [skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Halwani, H.2005. Ekonomi Internasional & Globalisasi Ekonomi. Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor.

Hanie. 2006. Analisis Konvergensi Nominal Dan Riil Diantara Negara-Negara ASEAN- 5, Jepang Dan Korea Selatan [skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Hariyanto, S. 2001. Bursa Regional Bursa Asia terpengaruh Wall Street. Bisnis Indonesia, Jakarta.

Kamaluddin, R. 1992. Perekonomian Dunia dan Pembangunan di Luar Negeri. Lembaga Penerbit FEUI, Jakarta.

Lipsey R.G, P.N. Courant, D.D. Purvis dan P.O. Steiner. 1997. Pengantar Makroekonomi. Bina Rupa Aksara, Jakarta.

Mankiw, N.G. 2003. Teori Makro Ekonomi Edisi Kelima. Erlangga, Jakarta.

MARIO FERNANDES, 2008. Kointegrasi Pasar Modal Indonesia Dgn Pasar Modal ASEAN (Sebelum dan Ssudah Penghapusan Batas Pembelian Bagi Investor Asing)

Marciano, D. Suyanto. 2004. †Hubungan Jangka Panjang dan Jangka Pendek Ekonomi Makro dan Pasar Modal di Indonesia : Error Correction Model (ECM)â€. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen - November 2004.

Nachrowi, N.D. 2006. Pendekatan Popular dan Praktis Ekonometrika Untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Natassyari, M. 2006. Analisis Hubungan Antara Pasar Modal Dengan Nilai Tukar, Cadangan Devisa, Dan Ekspor Bersih [skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Oemar, S. 2007. Hukum persaingan Asean, mungkinkah ?. Bisnis Indonesia, Jakarta.

Permana, D. 2004. Analisis Faktor-faktor Penentu Laju Inflasi Dilihat Dari Sisi Penawaran dan Ekspektasi dalam Rezim Nilai Tukar Mengambang Bebas [skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Plummer, M.G, dan R.W.Click.2005.â€Bond Market Development And Integration In Aseanâ€. International Journal Of Finance And Economics.

Republik Indonesia. 1995. Undang-Undang Tentang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995.

Setyastuti, R. 2004. Krisis Ekonomi dan Kausalitas antara Fluktuasi Nilai Tukar Rupiah, Tingkat Suku Bunga dan Indeks Harga Saham di Indonesia. Parallel Session 1A Pelajaran dari Krisis Moneter Indonesia, Yogyakarta.

Sumanto, E. 2006. Analisis Pengaruh Perkembangan Pasar Modal Terhadap Perekonomian Indonesia [skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Suta, I.P.G.A. 1996. Menuju Pasar Modal Modern. Yayasan SAD Satria Bhakti, Jakarta.

Thoha, M.2001. Globalisasi Krisis Ekonomi dan Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan. P2E-LIPI, Jakarta.

Utomo, S. 2007. Mengamati korelasi IHSG dengan indeks regional. Bisnis Indonesia, Jakarta.

Vimala, A. 2005. Analisis Hubungan Antara Variabel Makroekonomi Dgn Harga Saham Di Indonesia [skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor, Bogor.




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v7i01.1516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.