PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN SOSIAL REMAJA

Yuli Azmi Rozali

Abstract


Abstraksi

Tugas utama perkembangan remaja adalah menjalin relasi secara harmonis dengan orang-orang yang berada disekitarnya. Keterampilan sosial menjadi salah satu faktor yang membuat remaja menjadi kompeten dalam relasi yang dibangunnya. Salah satu faktor pembentukan keterampilan sosial adalah pola asuh. Pola asuh yang harmonis antara orang tua dengan remajanya memiliki kesempatan lebih besar mengembangkan keterampilan sosial yang tinggi (authoritative), dibandingkan dengan pola asuh authoritarian dan permissive. Melalui pola asuh yang diterapkan oleh orang tuanya, remaja memiliki kesempatan untuk belajar berhubungan dengan lingkungan sosial, selain itu remaja didalam berprilaku anak-anak biasanya mencontoh pada orang tua. Proses pembelajaran tersebut akan berhasil bila hubungan antara orang tua dan remajanya dapat terjalin dengan harmonis.

 

Kata kunci: keterampilan sosial, pola asuh, remaja


Full Text:

PDF

References


Agustian, H. (2006). Psikologi Perkembangan: pendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri dan penyesuaian diri pada remaja. Bandung: Rafika.

Azwar, Saifuddin. (2003). Sikap manusia : teori dan pengukurannya. (cetakan ke 7). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Gardner, Howard. (1999). Multiple intelligences : theory in practice. USA: Basic Books-Harper Collins Publishers. Inc.

Hermawan, Erwan. (2014). Tawuran sekolah naik 44 persen. 2014. Tempo.co., 21 Januari 2014. diakses tanggal 22 Januari 2014.

Karima, dkk. (2004). Peran harga diri terhadap agresivitas remaja penyalah guna narkoba. Jurnal Psikologi, Vol. 2 (1), Juni 2004. Jakarta : UIEU – Press.

Mangoenprasodjo, A. Setiono. (2005). Anak masa depan dengan multi intelegensi. Yogyakarta: Pradipta Publishing.

Meliala, Anyda. (2004). Anak ajaib: emukan dan kembangkan keajaiban anak anda melalui kecerdasan majemuk. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Mu’tadin, Z. (2006). Penyesuaian Diri Remaja. http://www.e-psikologi.com/remaja/160802.htm. diakses tanggal 24 Januari 2014.

Omrod. (2010). Educational psychology. (Ed. 4th). New Jersey : Merril of Prentice Hall.

Santrock, John W., (2010). Educational Psychologi. (5th. Ed) New Jersey: Merril of Prentice Hall.

Sugiyono. (2005). Statistika untuk penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.

Sukadji, Soetarlinah. (2000). Menyusun dan mengevaluasi laporan penelitian. Jakarta: UI-Press.

Widiana, dkk. (2006). Perbedaan konsep diri antara remaja akhir yang mempersepsikan pola asuh orang tua authoritarian, autoritative dan permissive. Jurnal Psikologi, Vol. 4 (2). Jakarta : UIEU – Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]