MODEL KONSELING MELALUI PSIKODRAMA DAN HIPNOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN POTENSI MAHASISWA PSIKOLOGI 2013

Safitri Safitri

Abstract


Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah memadukan penerapan model konseling kelompok dengan hipnoterapi untuk menanggulangi permasalahan mahasiswa yang terkait langsung atau tidak langsung dengan proses belajar mahasiswa yang terdeteksi dini di tahun pertama belajarnya, sehingga bisa meningkatkan potensinya dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Untuk mendapatkan ketepatan penentuan modelnya, maka terlebih dahulu melihat model gaya belajar,tipe kepribadian, Indeks Prestasi, dan permasalahan berbasis perkembangan mahasiswa. Subjek adalah mahasiswa psikologi reguler dan pararel angkatan 2013. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen. Alat ukur gaya belajar, tipe kepribadian dan tahapan perkembangan menggunakan alat ukur baku. Model psikodrama dan hipnoterapi untuk konseling mahasiswa diukur berdasarkan perubahan dalam diri sebelum dan setelah perlakuan. Hasil penelitian memperlihatkan tidak ada hubungan antara gaya belajar, tipe kepribadian dan IPK mahasiswa. Ada problem yang berbasis pada perkembangan kehidupan yaitu kematangan emosi, kematangan relasi, perilaku etis dan kesadaran tanggung jawab. Dari psikodrama diperoleh perubahan ke arah yang lebih baik dalam perasaan, keterbukaan,penerimaan masukan dari orang lain. Dari hipnoterapi diperoleh perubahan ke arah yang lebih baik dalam kemauan dan kemampuan untuk mengatasi masalah. Teknik terapi clean language, hand cateliptic, dan empty chair adalah teknik terbanyak yang digunakan untuk melakukan konseling pada masalah perkembangan yang disepakati dengan mahasiswa untuk dibahas. Dengan demikian Psikodrama dan Hipnoterapi bisa dilakukan tergantung fokus problem mahasiswa.

 

Kata kunci : group counseling, psychodrama, hipnoterapi

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

American Psychiatric Association.(2008). Practice guidelines for the treatment of patients with panic disorder.American Journal of Psychiatry, 155, 1–34.

Chambless, D. L., & Hollon, S. D. (2008). Defining empirically supported therapies. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 66, 7–18.

Corey Gerald (2005); Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi ; PT Refika Aditama, Bandung.

DePorter, Bobbi; Mark Reardon, & Sarah Singer-Nourie. 2000. Quantum Teaching, Mempraktekkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Terj. oleh Ary Nilandari. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Dubois, David L., Natural Mentoring Relationship and Adolescent Health: Evidence From a National Study, American Journal of Public Helath, 2005

Erickson Milton, Rossi Ernest, Hypnoyherapy : An Exploratory Casebook, Irvington Publishers, Inc, New York 1979

Feist, Jess, & Gregory J.Feist. (2010). Teori Kepribadian, Theories of Personality. Edisi ke-7 buku ke-1. Terj. oleh Handriatno. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Godoy, P. H. T., & Araoz, D. L. (2009). The use of hypnosis un posttraumatic stress disorders, eating disorders, sexual disorders, addictions, depression and psychosis:An eight-year review (part two). Australian Journal of Clinical Hypnotherapy & Hypnosis, 20(2) Sep, 73-85. Australian Academic Press, Australia

Hutagalung Inge (2007). Pengembangan Kepribadian : Tinjauan Praktis Menuju Pribadi Positif, PT INDEKS, Jakarta

Krenz, E. W. (2004). Improving competitive performance with hypnotic suggestions and modified autogenic training: Case reports. American Journal of Clinical Hypnosis, 27(1), 58-63.

Lynn, S. J., & Sherman, S. J. (2000). The clinical importance of sociocognitive models of hypnosis: Response set theory and Milton Erickson’s strategic interventions. American Journal of Clinical Hypnosis, 42, 294–315

Nata W Rochman,;(2006), Konseling Kelompok ; Konsep Dasar dan Pendekatan, Rizqi Press, Bandung

Prawitasari Johana dkk. (2002). Psikoterapi: Pendekatan Konvensional dan Kontemporer, Unit Publikasi Fakultas Psikologi UGM.

Setyabudi, I., Murphy, J., & Damayanti, E., (2004). Pengembangan Model Hipnoterapi dan Konseling Untuk Pencegahan dan Penularan Virus HIV/AIDS Pada Pekerja Seks Komersial (PSK) Di Surabaya.Fenomena Jurnal Psikologi. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.Vol 2. Hal 54-75

Setyabudi, I., & Atiyatul S. F., (2005).Pengembangan Model Hipnoterapi Untuk Penyembuhan Anak Autis Di Surabaya.Arketip Jurnal Psikologi. Universitas Putra Bangsa. Vol 1. Hal 15-28.

Safitri (2009), Analisis kebutuhan layanan bimbingan mahasiswa, kebijakan, program dan implementasinya; Hibah bersaing PHKI –A

Safitri (2011), Manfaat Program Mentor Bagi Siswa Minoritas di Lingkungan Pendidikan Kajian Jurnal: Mentoring in a Post-Affirmative Action World; jurnal Psikologi Juni 2011.

Syamsu Yusuf LN, Juntika Nhsan (2003). “Penyusunan Program BK Berbasis Perkembangan. UPI Bandung.

Willis Sofyan (2004); Konseling individual; Teori dan Praktek, Alfabeta, Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]