STRATEGI BENCHMARKING SEBAGAI TOLOK UKUR KINERJA PERUSAHAAN

Adrie Putra

Abstract


Pada saat ini sangatlah wajar apabila suatu perusahaan melakukan pengukuran kinerja perusahaannya dengan cara mem-bandingkan proses kerja perusahaan tersebut dengan proses kerja perusahaan-perusahaan lain yang dijadikan sebagai tolok ukur. Proses pembandingan ini akan berdampak pada penentuan perubahan faktor-faktor bisnis
seperti: jam kerja, beban kerja, bahkan sampai dengan gaji karyawan yang akan diberikan. Hal ini pada akhirnya diharapkan akan memacu kinerja perusahaan menjadi lebih
baik. Benchmarking itu sendiri adalah merupakan suatu proses pengukuran yang sistematis dan berkesinambungan, dimana tujuan dari Benchmarking itu adalah mengubah suatu perusahaan yang mempunyai kinerja rata-rata pada suatu industri menjadi perusahaan dengan kinerja yang berada diatas rata-rata.
Kata Kunci: Benchmarking, tolok ukur, kinerja perusahaan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]