HUBUNGAN ANTARA PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TERHADAP KUALITAS HIDUP BAGIAN KOGNITIF ANAK SD N 08 PAGI RAWA BUAYA 2016

Gisely Vionalita, Devi Angeliana Kusumaningtiar

Abstract


Kualitas hidup manusia adalah salah satu indikator untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan anak untuk hidup dengan produktif. Kognitif adalah salah satu domain untuk mengukur kualitas hidup anak yang akan menentukan kemampuan untuk berkonsentrasi, memahami tugas dan dalam pembelajaran. Hal ini dapat disebabkan oleh perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku hidup bersih dan sehat terhadap kualitas kognitif anak. Data didapatkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji chi square. Populasi dari penelitian ini adalah 127 anak kelas IV dan V di SD N 08 Rawa Buaya. Penelitian ini menemukan bahwa adanya hubungan signifikan antara PHBS dan kualitas kognitif anak (P<0.05). hasil ini menunjukkan bahwa pentingnya untuk meningkatkan PHBS bagi anak sehingga mereka dapat mempraktekkan di masa yang akan dating. Hal ini akan sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan dalam memahami dan menyelesaikan pekerjaan dalam kehidupan mereka.

 

Kata kunci : Anak, Kualitas hidup, PHBS


References


Departemen Kesehatan RI 2007, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Bakti Husada, Jakarta. Departemen Kesehatan

DEPKES, (2013). Riset kesehatan dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Dicky Djatnika Ustama. “Peranan Pendidikan dalam Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik”. 6(1), 1-12. 2009.

Patmonodewo, S. (2000). Pendidikan anak prasekolah. Rineka Cipta bekerjasama dengan Departemen Pendidikan & Kebudayaan..

Tadkiroatun Musfiroh. “Menumbuh kembangkan Baca-Tulis Anak Usia Dini”. Grasindo. 2009.

Taryatman, T. (2016). Budaya hidup bersih dan sehat di sekolah dasar untuk membangun genersi muda yang berkarakter. Trihayu, 3(1).

Toha Muhaimin. "Mengukur Kualitas Hidup Anak." Kesmas Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional 5.2. 2010.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING BY:

1. Google Scholar

2. Sinta (Ristekdikti)