MENGELOLA KONFLIK KARYAWAN BAGIAN PACKING DI PABRIK FURNITURE DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA

Lista Meria

Abstract


Konflik merupakan gejala yang timbul dikarenakan perbedaan pola pikir dan tindakan yang terjadi dalam interaksi antara manusia, baik interaksi dalam bertetangga, interaksi antara orang tua dengan anak, anak dengan anak serta interaksi antara karyawan. Dahulu, konflik selalu diartikan sebagai sebuah keburukan yang mengarah kepada kehancuran. Namun, tidak selamanya konflik tersebut berakibat buruk. Tergantung bagaimana cara memanajemeninya. Apabila manajemen konflik tersebut tidak baik, maka akan menimbulkan kemunduran dan kehancuran, namun jika penanganan konflik tersebut baik, maka konflik dapat menghasilkan sesuatu yang positif. Hal tersebutlah yang perlu mendapatkan perhatian, khususnya bagi para manajer yang membawahi banyak karyawan. Konflik yang muncul tersebut harus dipelajari dan ditemukan cara pengendaliannya sehingga karyawan yang sedang berkonflik tersebut dapat lebih produktif dalam bekerja. Tujuan tulisan ini adalah memberikan deskripsi kepada masyarakat tentang bentuk-bentuk konflik dan cara menanganinya di unit pengemasan/packing dalam sebuah perusahaan furniture, dimana konflik yang terjadi dapat diarahkan menjadi sebuah kekuatan dalam meningkatkan produktivitas kerja para karyawan yang terlibat konflik.

 Kata kunci: konflik, strategi penanganan, produktivitas kerja


References


Akdon H, Wahyudi. (2006). Menajemen Konflik dalam Organisasi. Bandung: Alfabeta

Janevi Alfiah (2013). Pengaruh |Konflik terhadap Kepuasan Kerja Melelaui Kepercayaan. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 1 No. 1 Januari 2013: 197-208

Jhen, K.A. (1995). A multimethod examination of the benefits and detriments of intragroup conflict. Administrative Science Quarterly 40(2):256.

Kreitner, R., and Angelo, K. (2004). Organizational Behavior: Sixth Edition, McGraw-Hill: New York.

Kreitner, R. & Kinicki, A. (2010). Organizational Behaviour. Irwin/McGraw-Hill, New York.

Putti, Joseph M, (2010). Memahami Produktivitas. Editor Lyndon Saputra. Jakarta, Binarupa Aksara.

Robbins, Stephen, P. (2003). Organizational Behavior: Nineth Edition, Prentice Hall, Inc.: New Jersey.

Wirawan. (2010). Konflik dan Manajemen Konflik: Teori, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING BY:

1. Google Scholar

2. Portal Garuda