STRATEGI MENYUSUN RUNDOWN BERITA TV

Arifin S Harahap

Abstract


Abstrak

Hingga saat ini, masih kerap kita saksikan rundown berita yang disajikan pemberitaan televisi kurang beraturan. Masalah ini muncul karena masih banyak eksekutif/produser yang kurang paham mengenai strategi menyusun rundown berita yang baik. Rundown berita yang tidak tertata dengan sistematis dapat membuat tampilan program menjenuhkan. Rundown berita tv idealnya disusun sistematis berdasarkan jenis berita yang diperoleh pada hari itu. Pada setiap segmen kita harus menghindari jenis berita yang beragam, tapi harus dipilah sehingga memiliki karakter atau jenis yang hampir sama. Pada awal segmen harus ditempatkan berita yang paling kuat dan memiliki gambar yang memikat atau dramatis. Oleh karena itu, eksekutif produser/produser program harus cermat memikirkan setiap item berita yang akan ditampilkan. Penempatan berita yang tepat dalam setiap segmen akan membuat sajian berita mengalir dan menarik ditonton hingga akhir siaran.

 

Kata kunci: Strategi, rundown, berita tv


References


Buku

Junaedi Fajar. Jurnalisme Penyiaran dan Reportase Televisi, Kencana Prenada Media Grup, Jakarta 2013

Morisson. Jurnalistik TV Mutakhir, Prenada Media Grup, Jakarta. 2008

Neil Everton. 1999. Making Television News, London: Reuter Foundation.

Patricia Holland. 1997. The Television Handbook. New York: Routledge.

Reardon, Nancy. On Camera: Menjadi Jurnalis Andal dan Profesional,Penerbit Erlangga, 2016

Suprapto, Tommy. Berkarir di Bidang Broadcasting,PT Buku Seru, Yogyakarta, 2013

Jurnal

Harahap,Arifin S., Dampak Berita Kriminal di Televisi, Jurnal Komunikologi, Volume 12 No.2, September 2015

Harahap, Arifin S., Strategi Meningkatkan Rating/Share Pemberitaan Televisi, Media Edukasi Jurnal Analisa Fenomena Komunikasi, Volume 1 No 1 Januari-Juni 2016


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING BY:

1. Google Scholar

2. Sinta (Ristekdikti)