AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS DALAM INSTITUSI TENTARA NASIONAL INDONESIA ANGKATAN LAUT (STUDI: PENYELENGGARAAN KEGIATAN OPEN SHIP KRI SPICA-934 SATSURVEI PUSHIDROSAL)

Erna Febriani

Abstract


Abstract

The importance of Public Relations activity has been realized by the government's non-profit organization today. Theoretically, PR activity can be used by organizations to define the brand's "brand" to produce a good reputation. In addition, Public Relations activities can help organizations develop communication channels to internal and external public and provide motivation to the internal public (members of the institution) to jointly devote themselves to the mission, goals and objectives of the institution. Based on that reason, researchers want to know whether the Navy as a non-profit government agencies using Public Relations activities and perform four stages of public relations to help improve its image in the public. Researcher conducted explorative qualitative research related to open ship activity on KRI Spica 934 which according to researcher assumption conducted as Public Relations activity from Satsurvei Pushidrosal. The theories that used to dissect this problem are the theory of function and process of Public Relations.

 

Keywords: public relations non profit, image, Indonesian navy

 

Abstrak

Pentingnya aktivitas Public Relationstelah disadari oleh organisasi non profit pemerintah saat ini. Secara teori, aktivitas PR dapat digunakan organisasi untuk mendefinisikan “brand†institusi sehingga menghasilkan reputasi baik. Selain itu, aktivitas Public Relations dapat membantu organisasi mengembangkan saluran komunikasi terhadap publik internal maupun eksternal dan memberikan motivasi kepada publik internal (anggota lembaga) agar secara bersama mengabdikan diri untuk misi, tujuan dan sasaran lembaga. Berangkat dari hal tersebut, peneliti ingin mengetahui apakah TNI AL sebagai lembaga non profit pemerintah menggunakan aktivitas Public Relations dan melakukan empat tahapan kerja PR untuk membantu meningkatkan citranya di mata publik. Peneliti melakukan penelitian kualitatif eksploratif terkait kegiatan open ship pada KRI Spica 934 yang menurut asumsi peneliti dilakukan sebagai aktivitas Public Relations dari Satsurvei Pushidrosal TNI AL. Teori yang digunakan untuk membedah permasalahan ini adalah teorifungsi dan tahapan proses kerjaPublic Relations. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi TNI AL dalam meningkatkan kualitas aktivitas Public Relations melalui kegiatan open ship.

 

Kata kunci: public relations non profit, citra, TNI AL


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bisma, Arif. (2016). KSAL Terima KRI Rigel 933 dan KRI Spica 934, Kapal Canggih untuk Survei. [Berita online]. Diakses dari www. detik.Com

Effendy, Onong Uchjana. (2009). Human Relations & Public Relations. Bandung: Mandar Maju.

Kemal Gani, Prita (2014). Humas Pada Organisasi Non Profit. [Artikel Situs Web]. Diakses dari www.lspr.Edu

Kriyantono, Rachmat. (2006). Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Kriyantono, Rachmat. (2008). Public Relations Writing. Jakarta: Kencana.

Nova, Firsan. (2014). PR War. Jakarta: Gramedia Widyasarana Indonesia.

Sukoyo, Yeremia (2015). TNI AL Siap Tingkatkan Keandalan Public Relations. [Berita Online]. Diakses dari www.beritasatu.com

www.dishidros.go.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]