PENTINGNYA PENGEMBANGAN SOFT SKILLS MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI

Andi Hidayat Muhmin

Abstract


Abstract

According to research conducted by Harvard University, the Carnegie Foundation and Standford Research Center, United States of America, “soft skills are responsible for 85% of career successess, while only 15% is attributed to hard skills. This is confirmed by the study conducted by Depdiknas RI in 2009, which states that “success in education, 85% is detemined by soft skills. Futhermore, Lessons From The Top, written by Thomas J. Neff and James M. Citrin (1999), says that the key to success is determined by 90% soft skills and only 10% is determined by hard skills. The result of the above research, inevitably must be a top priority fo all universities as provides of labor fo fix the quaity and focus of their curriculums.

 

Keywords : soft skills, hard skills, soft competency

 

Abstrak

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, Carnegie Foundation dan Stanford Research Center, Amerika Serikat mengatakan bahwa “soft skill bertanggung jawab sebesar 85% bagi kesuksesan karir seseorang, sementara hanya 15% disematkan kepada hard skill. Hal ini dikuatkan oleh kajian yang dilakukan Depdiknas RI pada tahun 2009, yang menyatakan bahwa “kesuksesan seseorang dalam pendidikan, 85% ditentukan oleh Soft Skills. Bahkan buku Lessons From The Top yang ditulis oleh Thomas J. Neff dan James M. Citrin (1999), mengatakan bahwa kunci sukses seseorang ditentukan oleh 90% soft skills dan hanya 10% saja yang ditentukan oleh hard skills. Hasil penelitian tersebut diatas, mau tidak mau harus menjadi prioritas utama bagi Perguruan Tinggi sebagai salah satu penyedia tenaga kerja untuk membenahi kualitas maupun fokus kurikulumnya.

 

Kata kunci : soft skills, hard skills, kompetensi lunak


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Fallon, Nicole., (2015). Soft Skills Matter: Can They Be Taught? Business News Daily Assistant Editor. New York

Kember, D., (1997). A reconceptualisation of the research into university academics conceptions of teaching.

Pemerintah Republik Indonesia., (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Nomor 20 Tahun 2003. Pemerintah Republik Indonesia. Jakarta.

Pemerintah Republik Indonesia., (2014). Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) Nomor 5 Tahun 2014. Pemerintah Republik Indonesia. Jakarta.

Prijosaksono, A. M. Marlan.,(2005). The Power of Transformation. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Rogers, C. R.,(1983). The politics of education. In Freedom to Learn for the 80’s. Charles E. Merrill Publishing Company. Ohio

Sailah, Ilah dkk.,(2008). Pengembangan Soft Skills dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Akademik, Direktorak Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]