TEKNIK PENILAIAN PERUSAHAAN

Sapto Jumono, SL Hastirin Djulijanti SL Hastirin Djulijanti

Abstract


Teknik penilaian perusahaan dalam suatu industri/bisnis sangat diperlukan untuk mengetahui seberapa nilai interinsik dari sebuah perusahaan yang tengan melakukan aktivitasnya.
Dalam penilaian diasumsikan bahwa perusahaan going concern.Tingkat aktivitasnya dapat dilihat dari pertumbuhan penjualan, aktiva, atau laba, yang pada gilirannya secara fundamental akan berpengaruh terhadap nilai perusahaan di pasar modal.Secara ringkas, penilaian perusahaan dapat menggunakan model yang berbeda-beda, jadi sebuah perusahaan dapat dinilai dengan berbagai macam metode, atau karena karakteristiknya yang unik maka penilaian hanya cocok untuk dinilai dengan menggunakan model tertentu saja. Dalam penulisan ini dikemukakan tiga model yaitu Discounted Cash Flow (DCF), Relative Valuation dan Option Pricing Model.
Perlu diketahui sebaik apapun penilaian sebenarnya masih terdapat kekurangan, megingat hasil akhir penilaian adalah bersifat kuantitatip, jadi dalam prosesnya terdapat unsur subyektip dalam merubah data kualitatip menjadi data
kuantitatip. Namun apapun hasilnya, konsep penilaian ini diharap dapat membantu para pelaku bisnis dalam suatu era globalisasi industri yang semakin ketat dalam persaingan.
Karena pendekatan ilmiah dalam penilaian setidaknya dapat mengurangi sifat coba-coba (trial and error) sehingga tingkat kepastian dapat ditingkatkan alias resiko dapat ditekan
sekecil-kecilnya. Selamat mencoba.

Kata Kunci:
Valuation, Dicounted Cashflow, Relative, Option.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]