Educational Measurement dengan Menerapkan Indeks Mutu Kumulatif

Untung Rahardja, Hidayati Hidayati, Shakinah Badar

Abstract


Berkembangnya IPTEK yang diikuti dengan perkembangan zaman, menuntut setiap mahasiswa tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual yang baik, tetapi juga harus mempunyai kedisiplinan dan dedikasi yang sangat tinggi, yang tidak kalah pentingnya mahasiswa pun harus berkomitmen terhadap peraturan yang berlaku karena bila tidak mahasiswa tersebut akan tersingkir dan tereliminasi dari persaingan dunia kerja. Namun sayangnya perguruan tinggi pada umumnya kurang memperhatikan permasalahan ini. Sampai saat ini perguruan tinggi hanya menghasilkan daftar nilai yang berisi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebagai satu-satunya hasil yang diterima mahasiswa dalam menggambarkan atau menentukan keberhasilannya setelah 4 (empat) tahun kuliah di Perguruan Tinggi. Untuk menjawab tantangan dunia kerja, daftar nilai (Indeks Mutu Kumulatif) IMK harus dapat berdampingan dengan daftar nilai IPK dalam memberikan penilaian komprehensif terhadap mahasiswa. Untuk itu dalam artikel ini dikemukakan beberapa metodologi pemecahan permasalahan, diantaranya mengidentifikasikan setidaknya ada beberapa masalah yang mendasar perihal metode penilaian mahasiswa yang lama, mendefinisikan metode penilaian EQ melalui daftar nilai IMK, merancang daftar nilai IMK melalui flowchart, dan mendeskripsikan pola pikir mengenai IMK sebagai salah satu bentuk pengukuran pendidikan. Hasil akhir dari artikel ini yaitu dilahirkanlah sebuah konsep penilaian kedisiplinan mahasiswa yang kita sebut dengan istilah IMK. IMK merupakan nilai rata-rata dari Indeks Mutu Mahasiswa (IMM) setiap semester. IMK inilah yang berperan dalam mengukur EQ dari seorang mahasiswa secara terus menerus selama 4 (empat) tahun yang sebaiknya di-capture dalam bentuk daftar nilai IMK.

 Kata Kunci: EQ, IPK, IMM


References


Daftar Pustaka

Andi, “Aplikasi Web Database ASP Menggunakan Dreamweaver MX 2004â€, Andi Offset, Yogyakarta, 2005.

Bernard, R, Suteja, “Membuat Aplikasi Web Interaktif Dengan ASPâ€, Informatika, Bandung, 2006.

Fourali, Chahid, “Using Fuzzy Logic In Educational Measurement: The Case of Portofolio Assessmentâ€, Research Departement, London, 1997.

Rahardja, Untung, “Analisis Kelayakan Investasi Digital Dashboard pada Manajemen Akademik Perguruan Tinggi: Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Raharjaâ€, Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Indonesia, Jakarta, 2007.

Rahardja, Untung., Maimunah., Hidayati, Artikel CCIT Journal Edisi 1 Vol. 1. Metode Pencarian Data dengan Menggunakan Intelligence Auto Find System (IAFS). Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang, 2007.

Rahardja, Untung., Fitria Murad, Dina (2007). Usul Penelitian Hibah Bersaing Perguruan Tinggi. Diakses pada 19 Meret 2008 dari http://rww.stmik-raharja.com/dina/HIBAH_Penelitian/Proposal_HibahBersaing_Update.doc.

Rahardja, Untung (2008). Proposal Perancangan IMM pada Perguruan Tinggi. Diakses pada 19 Maret 2008 dari http://rww.stmik-raharja.com/ur/dokumen_S3/imm_versi_dr_sunar_1.doc


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]