GAMBARAN PERILAKU PETUGAS PENDAFTARAN TERHADAP PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT HARUM SISMA MEDIKA TAHUN 2017

Keisha Nabila Saputri, Loli Adriani

Sari


Rata-rata jumlah kunjungan BPJS rawat jalan adalah 120-150 pasien per hari, yang menyebabkan jumlah pasien antri di bagian pendaftaran. Hal itu mempengaruhi perilaku petugas registrasi pasien BPJS rawat jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku pendaftaran pasien rawat jalan di RSU Harum Sisma Medika. Sampel dari penelitian ini adalah 1 RM Head dan 67 pasien rawat jalan BPJS. Penelitian dilakukan pada bulan Mei-September 2017. Hasil penelitian ini menggambarkan perilaku petugas registrasi pasien BPJS di rumah sakit sumen medika yang sangat baik namun petugas masih ada yang tidak tersenyum dan menyapa dan menyapa pasien. Petugas registrasi pasien di rumah sakit itu wisma sisma medika masih dianggap usia produktif (22-40 tahun), jenis kelamin perempuan dominan (60%) dan rata-rata terakhir dari petugas pendaftaran adalah SMA (70%). SPO di Rumah Sakit Harum Tersedia. Dianjurkan untuk mempertahankan perilaku petugas registrasi yang sangat baik, dan untuk perilaku petugas registrasi yang tidak cukup baik seperti petugas yang memberi senyuman, petugas yang memberikan salam, dan petugas yang menyapa pasien, perlu ditingkatkan dan dimaksimalkan lagi.

 

Kata kunci : Perilaku, SPO, BPJS Kesehatan


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Badan Pusat Statistik, “Angka Beban Tanggungan†(2016) https://www.bps.go.id/index.php/istilah/index?Istilah_page=4 (Diakses 31 Agustus 2017).

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2006). Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia Revisi II. Jakarta

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (2009). Undang-Undang RI No.36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (2009). Undang-Undang RI No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. (2011). Undang-Undang RI No. 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Huffman, Edna. K (1994). Health Information

Management. Berwyn, Ilionis : Physician Record.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2003). Keputusan Mentri Kesehatan RI No. 560 Tahun 2003 Tentang Pola Tarif Perjan Rumah Sakit.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2008). Permenkes RI No. 269 Tahun 2008 Tentang Rekam Medis.

Kiki Riniyati, Eti Rimawati M.Kes., & Retno S,Astuti SS, MM (2013). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasaan Pasien Di TPPRJ RSUD RA Kartini Jepara 2013.

Rahma Khairani & Dona Eka Putri (2009). Perbedaan Kematangan Emosi Pada Pria Dan Wanita Yang Menikah Muda.

Rahmi Wahyuni & Atik, Nurwahyuni (2014). Gambaran Kepuasaan Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan di Rumah Sakit Palang Merah Indonesia Bogor Tahun 2014.

Soekidjo, Notoatmodjo (2010). Ilmu Perilaku

Kesehatan. Jakarta :Rineka Cipta

Simanjuntak., Sri.Andayani, & Eddy Syahrial

(2012). Gambaran Perilaku Tenaga Kesehatan Terhadap Pelayanan Prima Di Puskesmas Tomuan Kecamatan Siantar Timur Kota Pematang Siantar Tahun 2012.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISIT COUNTER:

gerEGGe

 

Â