Citra Polisi: Penggambaran Citra Polisi di Surat Kabar Kompas dan Pos Kota Periode Januari – Agustus 2004

Sari Dewi Kusumayantie

Sari


Penelitian bertujuan  untuk mengetahui bagaimana citra polisi (institusi maupun anggota) dalam berita Kompas dan Pos Kota. Citra dalam penelitian ini dibagi dalam empat aspek: kinerja, kompetensi, profesionalitas, dan moralitas. Dalam berita mengenai institusi polisi, Kompas dan Pos Kota menggambarkan secara positif kinerja, kompetensi, dan  profesionalitas.  Untuk aspek moralitas anggota polisi diberitakan secara negatif oleh Kompas dan Poskota. Dengan kata lain, masalah moralitas adalah aspek citra yang menjadi pekerjaan rumah paling besar bagi kepolisian.

 

Kata Kunci: Citra, Polisi, Suratkabar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abrar, Ana Nadya, â€Panduan Buat Pers Indonesiaâ€, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2001.

Anoraga, Pandji, â€Psikologi Kerjaâ€, Rineka Cipta, Jakarta, 1998.

Assegaff, Djafar, â€Jurnalistik Masa Kini: Pengantar Praktek Kewartawananâ€, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1983.

Dharma, Agus, â€Manajemen Prestasi Kerjaâ€, Rajawali, Jakarta, 1985.

Effendi, Onong Uchjana, â€Hubungan Masyarakat, Suatu Studi Komunikasiâ€, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1992.

------------------------------, â€Human Relation dan Public Relation Dalam Manajemenâ€, Alumni, Bandung, 1979.

Fisher, Aubrey, â€Teori-Teori Komunikasiâ€, Penterjemah Soejono Trimo, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2001.

Hamad, Ibnu, â€Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massaâ€, Granit, Jakarta, 2004

Jefkins, Frank, â€Hubungan Masyarakatâ€, Intermasa, Jakarta, 2002.

Lull, James, â€Media Komunikasi Kebudayaan: Suatu Pendekatan Globalâ€, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta, 1998.

McQuail, Dennis, â€Teori Komunikasi Massa: Suata Pengantarâ€, Penterjemah Agus Dharma, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2000.

Kasali, Rhenald, â€Manajemen Public Relation: Konsep dan Aplikasinya di Indonesiaâ€, Grafiti Press, Jakarta, 1994.

Nasution, Z., â€Sosiologi komunikasi Massaâ€, Universitas Terbuka, Jakarta, 1993.

Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), ATVSI, SPSl, PRSSNI, â€Media Scene 2005â€, Jakarta, 2005.

Rakhmat, Jalaluddin, â€Psikologi Komunikasiâ€, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002.

Ritonga, Jamiluddin, â€Riset Kehumasanâ€, Grasindo, Jakarta, 2004.

Ruky, Achmad S, â€Performance Management System: Panduan Praktis untuk Merancang dan Meraih Kinerja Primaâ€, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2001.

Ruslan, Rosady, â€Manajemen Public Relation dan Media Komunikasiâ€, Rajawali Press, Jakarta, 2002.

-------------------, â€Praktik dan Solusi Public Relation Dalam Situasi Krisis dan Pemulihan Citraâ€, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1995.

-------------------, â€Kiat dan Strategi Kampanye Public Relationâ€, Raja Grafindo, Jakarta, 1997.

Sendjaja, Sasa Djuarsa, â€Teori Komunikasiâ€, Universitas Terbuka, Jakarta, 2002.

Shoemaker, Pamela J and Stephen D. Reese, “Mediating The Message:Theories of Influence on Mass Media Contentâ€, Longman, London, 1996.

Suprihanto, John, â€Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan dan Pengembangan Karyawanâ€, BPFE, Yogyakarta, 1998.

Susanto, AB, â€Competency-Based HRMâ€, Bisnis Indonesia, 20 Juni 2004

Suwardi, Harsono, â€Peranan Pers Dalam Politik di Indonesiaâ€, Sinar Harapan, Jakarta, 1993.

Wimmer, Roger dan Joseph Dominick, â€Mass Media Research: An Introductionâ€, Second Edition, Wadsworth, California, 1988.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR NUMBER:
 
hit counter