entuk Penyajian Pesan “Brosur Untuk Karyawan†PT Garuda Indonesia dan Tingkat Pemahaman Karyawan Pada Isinya

Fenny Triani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penyajian pesan dan tingkat pemahaman karyawan pada isi â€Brosur untuk Karyawanâ€. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa bentuk penyajian pesan di dalam â€Brosur untuk Karyawan†yang baik, dengan memperhatikan struktur pesan yang dua sisi, urutan penyajian pyramidal, penarikan kesimpulan eksplisit, serta memperhatikan daya tarik pesan yang rasional. Sedangkan untuk tingkat pemahaman karyawan PT Garuda Indonesia, didapatkan bahwa sebagian besar karyawan Garuda memiliki tingkat pemahaman yang tinggi, yakni sebesar 76 %. Kepada pihak manajemen dan humas perusahaan perlu tetap memperhatikan dan menjaga agar setiap pesan yang disajikan di dalam media komunikasi internal, seperti halnya â€Brosur untuk Karyawan†tetap baik untuk menciptakan pemahaman karyawan yang tinggi.

 

Kata Kunci:  Bentuk Penyajian Pesan dan Pemahaman.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bachtiar, Aly, â€Teknik Hubungan Masyarakatâ€, Universitas Ter-buka, Jakarta, 1995.

Badudu, J.S., & Sutan Mohammad Zain, â€Kamus Umum Bahasa Indonesiaâ€, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 1996.

Danan, Djaja, â€Pernanan Humas dalam Perusahaanâ€, Alumni Bandung, 1985.

Djuroto, Totok, Suprijadi, Bambang, â€Menulis Artikel dan Karya Ilmiahâ€, PT. Remaja Rosda-karya, Bandung, 2005.

Dominick, Wimmer, “Mass Media Reaserchâ€, Sixth Edition, Wadsworth Publishing Company, Belmont, CA, 2000.

Hasan, Iqbal, â€Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinyaâ€, PT Ghalia Indonesia, Jakarta, 2002.

Husein, Umar, â€Metode Riset Perilaku Konsumen Jasaâ€, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2003.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Depdikbud, Balai Pustaka, 1991.

Kencana, Syafiie, Inu, â€Pengantar Filsafatâ€, PT Refika Aditama, Bandung, 2004.

Kusumastuti, Frida, â€Dasar-Dasar Humasâ€, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2002.

Nimmo, Dan, â€Komunikasi Politik : Khalayak dan Efekâ€, Cetakan Pertama, Remaja Rosda Karya, Bandung,1989.

Putra, I Gusti Ngurah, â€Management Humanâ€, Universitas Atmajaya Yogyakarta, Yogya, 1999.

Ritonga, Jamiluddin, â€Riset Kehumasanâ€, PT. Grasindo, Jakarta, 2004.

Ritonga, Jamiluddin, â€Tipologi Pesan Persuasifâ€, PT Indeks, Jakarta, 2005.

Ruslan, Rosady, â€Metode Penelitin – Public Relations dan Komunikasiâ€, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sendjaja, Sasa Djuarsa, â€Pengantar Komunikasiâ€, Universitas Terbuka, Jakarta, 1999.

Singarimbun, Masri, â€Metode Penelitian Surveyâ€, LP3ES, Jakarta, 1995.

Siregar, Ashadi, Pasariburondang, â€Bagaimana Mengelola Media Korporasi-Organisasiâ€, Kani-sius, Yogyakarta, 2000.

Soehoet, Hoeta, â€Dasar-Dasar Jurnalistikâ€, Yayasan Kampus Tercinta – IISIP Jakarta, 2003.

Suratin, Citobroto, â€Teknik-Teknik Komunikasiâ€, Bharata Press, Jakarta, 1986.

Syah, Muhibin, â€Psikologi Pendidikan dengan Penelitian Baruâ€, PT Remaja Rosda Karya, Bandung, 2002.

Tondowidjojo, John, â€Dasar dan Arah Public Relationsâ€, PT Grasindo, Jakarta, 2002.

Tubbs, Stewart L. Sylvia Moss, â€Human Communication – Prinsip-prinsip Dasarâ€, PT Remaja Rosdakarya, Bandung,1996.

Venus, Antar, â€Manajemen Kam-panyeâ€, Singbiosa Rekatama Media, Bandung, 2004.

Widjaja, H.A.W., â€Ilmu Komunikasi Pengantar Studiâ€, Rineka Cipta, Jakarta, 2000.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR NUMBER:
 
hit counter