PERAN KOMUNIKASI WORD OF MOUTH TRADISIONAL DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MEREK

Galih Priambodo, Mattheus Subyanto

Abstract


ABSTRACT

 

Choosing a brand done by customers indicates their trust in the quality or in the conformity to the image made by the brand. Comprehensive conformity of using the brand obtained by the customers forms a point of view to the brand. Customers play a vital role on the success of a product. They have an ability to do word of mouth communication, personal communication means in oral or utterance form. As technology develops, word of mouth evolves to electronic word of mouth, and it focuses on communication done by the customers through the internet. Word Of mouth communication is an either direct or virtual conversation about a goods or services between one people to another. Word of mouth behavior is determined by customers’ satisfaction. Customers who are satisfied with a product will do a positive word of mouth communication. Otherwise, customers who are not satisfied with a product will do a negative word of mouth communication. The effect of either positive or negative word of mouth communication will affect someone’s decision in choosing a product.

Keywords: word of mouth, electronic word of mouth, brand

 

 
ABSTRAK

 

Pemilihan suatu merek yang dilakukan oleh konsumen mengindikasikan adanya rasa percaya konsumen terhadap kualitas atau kesesuaian sebuah merek dengan image yang dibentuk merek tersebut. Kesesuaian yang didapatkan konsumen dari penggunaan suatu merek secara menyeluruh membentuk sebuah pandangan terhadap merek terasebut. Konsumen memiliki peran terhadap keberhasilan suatu produk dipasaran. Konsumen memiliki kemampuan untuk  berkomunikasi dari mulut ke mulut (word of mouth), yaitu saluran komunikasi personal yang berupa ucapan atau perkataan. Seiring berkembangnya teknologi saat ini mengakibatkan word of mouth berkembang menjadi electronik word of mouth  dan fokus pada komunikasi yang dilakukan konsumen melalui jaringan internet. Word of mouth communication adalah satu bentuk percakapan secara langsung ataupun virtual mengenai suatu produk atau jasa, antara satu orang dengan orang lainnya. Perilaku word of mouth sangat ditentukan oleh kepuasan konsumen, konsumen yang puas dengan suatu produk maka akan mendorong konsumen untuk melakukan word of mouth positif. Namun apabila konsumen yang tidak puas akan suatu produk, maka akan mendorong konsumen tersebut untuk melakukan word of mouth yang negatif. Dampak word of mouth communication baik positif atau negatif akan mempengaruhi keputusan seseorang dalam memutuskan pemilihan sebuah produk.

Kata kunci:word of mouth, electronik word of mouth, merek


References


Daftar Pustaka

Afzal, Hasan, Muhammad Aslam Khan, Kashif ur Rehman, Imran Ali, Sobia Wajahat. (2010). Consumer’s Trust in the Brand: Can it Be Built through Brand Reputation, Brand Competence and Brand Predictability. International Business Research, Vol 3 No. 1 Januari 2010

Anderson, Eugene (1998). "Customer Satisfaction and Word of Mouth." Journal of Service Research, 1(1): 5-17

Arwiedya, Mochamad Ridzky. (2011). Analisis Pengaruh Harga, Jenis Media Promosi, Resiko Kinerja, Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online (Studi Kasus pada Konsumen Toko Fashion Online yang bertindak sebagai Reseller yang ada di Indonesia). Skripsi tidak di publilasikan Program S1 Fakultas Ekonomi Univesitas Diponegoro

Brown, et al., (2005). ”Spreading The Words : Investigating Antecedents of Customer’s Positive Word of Mouth Intention And Behavior in Retailing Context”. Academy of Marketing Science Journals, Vol.33, no 2, p.123-138

Evans, Dave & Jack McKee. (2010). Social Media Marketing. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc.

Goldsmith, R.E. (2006). Electronic word of mouth, in Khosrow Pour, M. (Ed.), Encyclopedia of ECommerce, E-Government and Mobile Commerce, pp. 408-12. Hershey, PA: Idea Group Publishing.

Harsasi, Meirani ( 2006). WOM dalam Industri Jaasa : Kaitannya dengan sikap dan kemungkinan membeli. Jurnal Bisnis Strategis, Vol.15.

Hasan, Ali. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Media Pressindo

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G. and Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: what motivates consumers to articulate themselves on the Internet. Journal of Interactive Marketing, Vol. 18 No. 1, pp. 38-52

Hoskins, Jim. (2007). Word of Mouth Research: Principals and Applications. The Journal of Advertising Research. ARF.

Huges, Mark. (2007). Buzzmarketing. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Jalilvand, M,R.(2012). “The Effect of Electronic WordOf-Mouth on Brand Image and Purchase Intention”. Journals Of Marketing Inteligence And Planning, Vol.30, Iss:4, hal.5-5.

Jansen, B. J. (2009). “Twitter Power: Tweet as Electronic Word Of Mouth”. Journal of The American Society for Information Science and Technology, hal. 20.

Keller, Ed. (2007). Unleashing the Power of Word of Mouth: Creating Brand Advocacy to Drive Growth. The Journal of Advertising Research, ARF.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1, edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 2, edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kotler, Philip. (2005). Manajamen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Kotler, Philip.(2003). Manajemen Pemasaran. edisi kesebelas, Jakarta: Indeks kelompok Gramedia

Kottler, Phillip, Keller, Kevin Lane. (2007). Manajemen pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks

Onong, Uchjana Effendy .(2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti

Onong, Uchjana Effendy. (2000). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT.Rosdakarya.

Onong, Uchjana Effendy. (2001). Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Park, D.H. & Kim, S. (2008). “The Effects of Consumer Knowledge on Message Processing on Electronic Word of Mouth via Online Consumer Reviews. Electronic Commerce Research and Applications, pp.399-410.

Praswati Aflit Nuryulia. (2009). Analisis Faktor-faktor yang Mempengeruhi Komunikasi Word of Mouth terhadap Minat Guna Jasa Ulang (studi kasus pada PT Nasmoco di Semarang) Tesis. Program Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Diponegoro, Semarang.

Rosen Emanuel (2004) Kiat Pemasaran dari Mulut ke Mulut. Jakarta : PT Elex Media Kompetindo

Silverman, George. (2001). The Secret of Word of Mouth Marketing: How to Trigger Exponential Sales Through Runaway Word of Mouth. New York: AMACOM.

Suharno dan Yudi Sutarso. (2010). “Marketing in Practice”. Graha Ilmu. Yogyakarta

Sutisna, (2002). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Remaja Rosdakarya : Bandung

Tjahyadi, Rully Arlan. (2006). Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek : Peran Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Dan Karakteristik Hubungan Pelanggan - Merek. Jurnal Manajemen, Vol. 6, No. 1, Nov 2006

Vibiznews Sales & Marketing. (2007). Buzz Marketing, Paling Efektif di Indonesia, Journal Emotional Benefit, htm, 25 Oktober,.

Yosevina, (2008). Word of Mouth, PMPM , Vol11, No.4, hal 5-13.

Zhang, J. Q. (2010). When Does Electronic Word Of Mouth Matter? A study of consumer product reviews, Elsevie


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.