PENDEKATAN EPIC MODEL PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT MUDIK 2015

Euis Nurul Bahriyah Euis Nurul Bahriyah Euis Nurul Bahriyah

Sari


Abstract

 


Public service advertisements mudik (activity migrant workers return to their hometown) in 2015 is a means of promotion is done by the Ministry of transportation of Indonesia Government to inform, influence, increase knowledge, change attitudes and beliefs as well as imaging is good for Department of transportation by the people. ILM became one of the entertainment media and effective communication to reach out to a wider audience especially if aired on television. The purpose of this research is to find out whether this effective ILM Mudik 2015 from the point of view both of the advertising message people, attraction of advertising through the brand Ambassador, music advertising using EPIC Model approach was used to measure empathy, persuation, impact and communications) with the method research using questionnaires and observation. The number of respondents is 32 people where on the research of the selected respondents are womens as decision making in travel by private vehicle return 2015 on site research RT. 10 RW. 03 ex. Rawabadak Selatan Kecamatan Koja, Jakarta Utara. The sample used was random sampling. The results of this research is the dimension of empathy with a score of effective assessment scale, 4.00 dimensions persuasion with score assessment scale effective 3.84, dimensions of impact with the football scores and 3.75 dimension and scale effective communication with score 4, 66 scale is very effective. Keywords: EPIC Model, ILM, empathy

 

 


Abstrak

 


Iklan Layanan Masyarakat Mudik 2015 merupakan sarana promosi yang dilakukan oleh Kementrian Perhubungan RI untuk menginformasikan, mempengaruhi, menambah pengetahuan, merubah sikap dan kepercayaan serta pencitraan yang baik bagi kemetrian Perhubungan oleh para pemudik. ILM menjadi salah satu media hiburan dan komunikasi yang efektif untuk menjangkau khalayak terutama jika ditayangkan di televisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ILM Mudik 2015 ini efektif dari sudut pandang para pemudik baik dari pesan iklan, daya tarik iklan melalui brand ambasador, musik iklan menggunakan pendekatan EPIC Model digunakan untuk mengukur empathy, persuasion, impact dan communications) dengan metode penelitian menggunakan kuesioner dan observasi. Jumlah responden sebanyak 32 orang dimana pada penelitian ini responden yang dipilih adalah ibu-ibu sebagai pengambilan keputusan dalam melakukan perjalanan mudik 2015 dengan kendaraan pribadi pada lokasi penelitian RT. 10 RW. 03 Kel. Rawabadak Selatan Kec. Koja Jakarta Utara. Sampel yang digunakan adalah random sampling. Hasil penelitian ini adalah dimensi empathy dengan score 4,00 skala penilaian efektif, dimensi persuasion dengan score 3,84 skala penilaian efektif, dimensi impact dengan score 3,75 skala efektif dan dimensi communication dengan score 4, 66 skala sangat efektif. Kata kunci: EPIC Model, ILM, empathy


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Daftar Pustaka

Bram, Yudi Farola, Analisis Iklan Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Perusahaan Percetakan Dan Penerbitan PT. Rambang dengan Menggunakan Metode EPIC Model, Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya Vo. 3, No. 6, Desember 2015.

Durianto, Darmadi, Sugiartos dkk, 2003, Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif Strategi, Program, dan Teknik Pengukuran, PT. Gramedia Pustama Utamam Jakarta.

Griffiths, Andrew, 2012, Iklan Powerful untuk Bisnis Anda Berawal dari Buku Ini!, Penyunting Andiek Kurniawan, Tangga Pustaka, Jakarta

Johnson, Carla, Monle Lee, 1999, Prinsip-prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global, Edisi Pertama, Cetakan ke -2, Jakarta

Kanaidi, 2011, Dasar-dasar Periklanan Daya Pikat Pesan Iklan dan Manfaat Ambient Media sebagai Terobosan Dalam Periklanan, Div. Buku Manajemen Bisnis dan Pemasaran, Politeknik Pos Indonesia, Bandung

Kasali, Rhenald, 1995. Manajemen Periklanan (Konsep dan Aplikasinya di Indonesia). Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Prenhallindo, Jakarta

Kuper, Adam, Jessica Kuper, 2000, Ensiklopedi Ilmu-ilmu Sosial, edisi kedua, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Lee & Johnson, 2007, Prinsip-prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global, Kencana, Jakarta

Moore, H. Frazier. 2007. Humas (Membangun Citra dengan Komunikasi) Bandung: Rosda.

Palupi, Dyah Hasto dan Pambudi, Teguh Sri, 2006, Advertising that Sells Strategi Sukses Membawa Merek Anda menjadi Pemimpin Pasar, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Ramdani, Afrian Mukti, Pengukuran Efektivitas Iklan Kartu Seluler AXIS di Media televisi dengan Pendekatan DRM dan EPIC Model, Univ. Gunadarma, Jakarta

Rangkuti, Freddy, 2002, Creating Effective Marketing Plan Teknik Membuat Marketing Plan Berdasarkan Customer Values & Analisis Kasus, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Ruslan, Rosady, 2007, Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Shimp, Terence A, 2003, Periklanan promosi aspek tambahan komunikasi terpadu, Jilid I, Erlangga

Sugiyono, 2003, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung

Sumampouw, Angelina, Analisis Efektivitas Iklan Televisi Produk Aqua Dengan Menggunakan Metode EPIC Model dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua di Kota Manado, Univ. Sam Ratulangi Manado

Sutherland, Max, Sylvester, K Alice, 2007, Advertising and the mind of the consumer, cetaka 1 Seri Manajemen Pemasaran No. 18 PPM, Jakarta

Watono, A. Adji, 2008, Advertising that Makes Money, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Wenats, AG Eka dkk, 2012, Integrated Marketing Communications Success Story, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Widodo, Wahyu, 2003, Sihir Iklan format komunikasi mundial dalam kehidupan urban-kosmopolit, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Widyatama, Rendra, 2011, Teknik Menulis Naskah Iklan, Cakrawala Kompas Gramedia Group, Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR NUMBER:
 
hit counter