PEMODELAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UML

Yode Arliando

Sari


Abstrak

Penelitian ini menerapkan Unified Modelling Language (UML) dalam perancangan model pembuatan aplikasi mobile berbasis android. Aplikasi yang menjadi contoh dalam penelitian ini adalah Aplikasi Pembelajaran Sejarah Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, mencari buku-buku dan literatur yang berhubungan dengan sejarah Islam di nusantara dan meghadirkan informasi tersebut ke dalam aplikasi. Aplikasi yang dibuat, dimodelkan terlebih dahulu dengan menggunakan UML, selanjutnya dilakukan analisa kebutuhan aplikasi, baik berupa menu, halaman dan interface dari aplikasi. Bahasa pemrograman yang dipakai untuk pembuatan aplikasi ini adalah Java. Aplikasi ini memanfaatkan Google Map API sebagai antarmuka peta dan Youtube API sebagai antarmuka video. Hasil penelitian ini berupa aplikasi yang membantu memberikan informasi sejarah Islam dan sebagai media pembelajaran bagi yang membutuhkan.

 

Kata Kunci : SIG, UML, Google Map, Android.

Referensi


Daftar Pustaka

Ekoanindiyo, F. A. 2011. Pemodelan Sistem Antrian Dengan Menggunakan Simulasi. Dinamika Teknik, Vol. V.

Esri 2011. Geographic Information Systems And Environmental Health: Incorporating Esri Technology And Services. An Esri White Paper.

Haviluddin 2011. Memahami Penggunaan Uml (Unified Modelling Language). Jurnal Informatika Mulawarman, Vol 6.

Mulyadi, S. 2010. Membuat Aplikasi Untuk Android. Multimedia Center.

Nopita Setiawati, I. K., Joko Purwanto 2012. Pengembangan Mobile Learning (M-Learning) Berbasis Moodle Sebagai Daya Dukung Pembelajaran Fisika Di Sma. Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Prihati, Y. 2012. Simulasi Dan Permodelan Sistem Antrian Pelanggan Di Loket Pembayaran Rekening Xyz Semarang. Majalah Ilmiah Informatika, Vol. 3.

Utomo, A. 2011. Pemodelan Kuantitatif Berbasis Uml (Unified Modeling Language) Proses Lumpur Aktif Untuk Penanganan Limbah Cair Agroindustri. Department Of Agroindustrial Technology, Faculty Of Agricultural Technology Bogor Agricultural University.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR COUNTER:

gerEGGe