PENGEMBANGAN MODEL E-LEARNING READINESS DALAM PENERAPAN CORPORATE UNIVERSITY (STUDI KASUS UNIVERSITAS ESA UNGGUL)

Yulhendri Yulhendri

Sari


Corporate University merupakan suatu fungsi atau departemen yang secara strategis bertujuan mengintegrasikan pengembangan SDM sebagai individu dalam organisasi, sekaligus memfasilitasi pembelajaran organisasional sebagai cara untuk meraih dan mempertahankan keunggulan kompetitif. Proses transfer of knowledge yang terjadi dalam penerapan Corporate university berhubungan dengan beberapa dimensi, yaitu pedagogy (art or science of teaching) dan interaksi kemanusiaan. Hubungan yang memiliki nilai antara SDM (pedagogy), Proses (konwledge content) dan Teknologi (e-learning space) akan membentuk strategi pembelajaran digital yang bernilai, terkait dengan diferensiasi setiap proses pembelajaran pada proses bisnis inti dan proses pendukung organisasi atau perusahaan. Umumnya kesulitan yang sering dihadapi dalam menyelenggarakan corporate university adalah karena diterapkan pada organisasi yang sedang dalam berbagai tahap pembangunan. Beberapa metode dalam  penerapan Corporate University perlu dilakukan, baik dari sisi manajemen maupun berbagai tips dalam mengembangkan kompetensi Sumber Daya Manusia. Dengan metode belajar berbasis e-learning, proses pembelajaran kini dapat diakses kapan saja, dimana saja dan efisien tanpa mengurangi efektifitasnya. Fokus penelitian ini dilakukan dengan melihat pada pengembangan model e-learning readiness yang diselenggarakan di Universitas Esa Unggul, karena e-Learning merupakan komponen yang penting dalam penerapan Corporate University tersebut. Pengembangan Corporate University yang dimulai dari pengembangan fasilitas e-Learning terlebih dahulu. Saat ini penelitian difokuskan pada penerapan e-Learning yang dinilai cukup baik.

 

Kata kunci : Corporate University, e-learning, e-learning readiness


Referensi


Allen, M, The next generation of corporate universities: innovative approaches for developing people and expanding organizational capabilities, Pfeiffer & Co, 2007.

Allen, M, The corporate university handbook: Designing, managing, and growing a successful program, AMACOM, New York , 2002.

Chapnick, Samantha, Elearning ReadinessTM Assessment. by Samanta Chapnick Are You Ready for E-Learning? Diakses pada 18 Februari 2015 from: http://www.researchdog.com, 2000.

Chapnick, Samantha, Are You Ready for E-Learning? diakses 18 Februari 2015 from: http://www.learningcircuits.org/2000/nov2000/Chapnick.htm, 2001.

Human Capital Journal, Report July 2013 No. 25 Tahun III 15 Juli - 15 Agustus 2013.

Jansink. F, The knowledge-productive corporate university. Journal of European Industrial Learning 29(1) 40-57, 2005.

K. Wheeler (2005). CorpU - GLR Newsletter.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No.107/U/2001 tentang Penyelengaraan Program Pendidikan Tinggi Jarak Jauh.

Pertamina Corporate University, http://Indocorpu.wordpress.com diakses pada tanggal 17 Februari 2015

PLN Corporate University, http://Indocorpu.wordpress.com diakses pada tanggal 17 Februari 2015

Satrio S. Brojonegoro, Prof. Dr. 28 Februari, Open and Distance Learning in Time of Crisis. Dikti, 2005.

Soekartawi, Prospek Pembelajaran Melalui Internet. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional ‘Teknologi Kependidikan’ yang diselenggarakan oleh UT-Pustekkom dan IPTPI, Jakarta, 18-19 Juli 2002. 2002.

Telkom Corporate University, http://Indocorpu.wordpress.com diakses pada tanggal 17 Februari 2015

UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Bagian Kesepuluh – Pendidikan Jarak Jauh, Pasal 31).

Waller, Vaughan and Wilson, Jim. 2001. A Definition for E-Learning” in Newsletter of Open and Distance Learning Quality Control. October 2001. (sumber dari internet: 16 februari 2015http://www.odlqc.org.uk/odlqc/n19-e.html).


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR COUNTER:

gerEGGe