PERANCANGAN MEDIA PRODUK GAMING SEAT SEBAGAI ALTERNATIF TERAPAN UMKM

Jhon Viter M.

Abstract


Abstract

Entrepreneurship becomes one option to create a solution in earning through creativity products created and developed through the process - the stages that produce a superior product and have a good quality as well. With the implementation of this concept, creativity is very important role in creating starting from the idea or idea, a design concept that becomes the starting point of success in entrepreneurship because every individual must find alternatives to achieve the achievement targets to be achieved in creating a product that has value selling well. Here the product that will be reviewed is a gaming seat where the growing trend continues to be developed, making it a challenge for the middle-down industry such as home industry to participate in creating alternative materials and forms so that it can create products superior results, attractive, and has a cheap price when compared to the original product, which is manufactured in manufacturing from a large industry in the production of its products. Gaming seat is in great demand by Gamers circles, enthused from the age of the kids to adults though. Because this facility is also used by professional racing car in practice dexterity when dilintasan so that this product creates an impression and can be felt as simulator driving experience its own. So this product worth developing to create opportunities for entrepreneurship through creativity. 


Keywords: gaming seat, entrepreneur, home industry

 

Abstrak

Berwirausaha menjadi salah satu pilihan untuk menciptakan sebuah solusi dalam mendapatkan penghasilan melalui produk kreatifitas yang diciptakan dan dikembangkan melalui proses tahapan – tahapan yang menghasilkan sebuah produk unggulan dan memiliki mutu yang baik pula. Dengan penerapan konsep ini maka kreatifitas sangatlah berperan penting dalam menciptakan dimulai dari ide atau gagasan, sebuah konsep perancangan yang menjadi tolak keberhasilan didalam ber-wirausaha dikarenakan setiap individu harus mencari alternatif – alternatif untuk mencapai target pencapaian yang mau dicapai dalam menciptakan sebuah produk yang memiliki nilai jual yang baik. Disini produk yang akan menjadi kajian ada sebuah perlengkapan gaming seat (perlengkapan permainan balap mobil) dimana tren yang terus berkembang dan terus dikembangkan, menjadikan sebuah tantangan bagi industri menengah kebawah seperti home industry juga berperan serta dalam menciptakan alternatif penggunaan material dan bentuk sehingga dapat menciptakan produk hasil yang unggulan, yang menarik, dan memiliki harga jual yang murah bila dibandingkan dengan produk yang asli, yang dibuat secara manufacturing dari sebuah industri besar dalam produksi produknya. Gaming seat sangat diminati oleh kalangan para Gamers, diminati dari usia anak – anak sampai orang dewasa sekalipun. Karna fasilitas ini pun digunakan oleh para professional balap mobil dalam melatih ketangkasan ketika dilintasan sehingga produk ini menciptakan kesan dan dapat dirasakan seperti simulator driving experience tersendiri. Sehingga produk ini layak untuk dikembangkan menciptakan kesempatan untuk berwirausaha melalui kreatifitas.

 

Kata kunci : gaming seat, wirausaha, home industry


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Agus Sachari. (2000). Estetika – Makna, Simbol dan Daya. Bandung: Penerbit ITB.

Akifa P. Nayla. (2014). Komplet Akuntansi untuk UKM dan Waralaba. Jogjakarta : Laksana.

Djelantik. (1999). Estetika, Sebuah Pengantar. Bandung. Masyarakat seni Pertunjukkan Indonesia.

Febra Robiyanto. (2004). Akuntansi Praktis untuk Usaha Kecil dan Menengah. Semarang : Studi Nusa.

http://alfacell90.blogspot.co.id/2015/11/memahami-teori-dasar-dan-klasifikasi-material-teknik.html

http://alfacell90.blogspot.co.id/2015/11/memahami-teori-dasar-dan-klasifikasi-material-teknik.html

Mulyadi Nitisusastro. (2010). Kewirausahaan & Manajemen Usaha Kecil. Bandung : Alfabeta.

Nurmianto, Eko. (2003). Ergonomi Konsep Dasar Dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya.

Tarwaka, dkk. (2004). Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. Surakarta: UNIBA PRESS. Cetakan Pertama.

Tejo Nurseto. (2004). Strategi Menumbuhkan Wirausaha Kecil Menengah yang Tanggu. dalam Jurnal Ekonomi & Pendidikan Vol.1 No.1 februari 2004.

Tejo Nurseto. (2004). Strategi Menumbuhkan Wirausaha Kecil Menengah yang Tangguh. dalam Jurnal Ekonomi & Pendidikan Vol.1 No.1 februari 2004.

Undang-Undang Usaha Mokro. (2013). Kecil dan Menengah. Yogyakarta: Pustaka Mahardika.

Wignjosoebroto, Sritomo. 1995. Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu. Surabaya: Prima Printing.

Wignjosoebroto, Sritomo. (2003). Ergonomi Studi Gerak dan Waktu. Edition. Surabaya: Guna Widya.

Wignjosoebroto,S. (2000). Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu Teknik Analisis untuk Peningkatan Produktivitas Kerja. Edisi I cetakan Kedua, Surabaya: Penerbit Guna widya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Stat