PENINGKATAN KUALITAS UNTUK MEMINIMASI CACAT PRODUK CAT POLYURETHANE DENGAN METODE TAGUCHI

Arief Suwandi

Abstract


Abstrak

Peningkatan kualitas merupakan sesuatu yang sangat esensial bagi sebuah industri manufaktur agar terus menjaga keberlangsungan produksi dan peningkatan keuntungan perusahaan. Produk Cat Polyurethane merupakan salah satu jenis produk cat yang banyak digunakan dan begitu besar pangsa pasarnya, karena jenis produk ini tahan lama dan tidak mudah berjamur, mempunyai karakteristik anti gores dan daya kilap (gloss) yang tinggi. Permasalahan yang banyak terjadi pada produksi cat polyurethane adalah hasil viskositas produksi tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Hal ini sangat mengganggu proses produksi, karena lead time produk akan panjang. Pengujian viskositas merupakan unsur penting dalam industri cat, karena viskositas sangat berpengaruh terhadap kualitas produk yang dihasilkan apakah cat terlalu kental atau cat terlalu encer. Jika cat terlalu encer ataupun cat terlalu kental ini akan berdampak pada saat cat akan digunakan oleh konsumen. Tahapan perbaikan secara berkelanjutan dan dengan pengendalian kualitas pada tahap desain eksperimen serta tahap proses produksi dengan menggunakan Metode Taguchi diupayakan untuk mengatasi permasalahan yang ada. Metode ini berfokus untuk mengeliminasi penyebab rendahnya kualitas dan menghasilkan performansi produk yang sensitif terhadap keragaman. Rata-rata produk defect pada perusahaan diatas 5%, secara detail diuraikan berdasarkan jenis kecacatan terdiri dari viskositas (tingkat kekentalan) 54%, Glossy (tingkat kilap cat) 23,8 % dan specific Gravity (berat jenis cat) tidak sesuai spesifikasi perusahaan sebesar 22,1 %. Analisis dari pengendalian kualitas yang diterapkan menggunakan fishbone diagram dan pareto chart serta control chart menghasilkan bahwa faktor dan subfaktor penyebab ketidak sesuaian spesifikasi produk cat polyurethane adalah tenaga kerja (Man Power) dengan subfaktor kurang konsentrasi dan kurang terampil, Mateial dengan subfaktor penanganan material dan jenis thiner. Machine dengan subfaktor mesin kotor. Method dengan subfaktor pengecekan dan perlakuan proses. Environment dengan subfaktor temperatur. Selanjutnya dengan menggunakan Taguchi Method didapatkan Setting dan model pengaturan yang tepat untuk cat polyurethane agar di hasilkan viskositas yang sesuai spesifikasi perusahaan adalah faktor A (pengadukan) adalah 900 rpm, faktor B (jenis thinner) adalah THPU-2713-06, faktor C (perlakuan proses) adalah tangki ditutup, dan faktor D (pengecekan) adalah dengan suhu 300.

 

Kata kunci: Polyurethane, spesifikasi, taguchi method, pengadukan, penanganan material


References


Daftar Pustaka

Montgomery, Douglas C. “Introduction to Statistical Quality Control 4th Edition”. New York: John Willey & Sons, 2001.

Bagchi, Tapan P. “Taguchi Methods Explain: Practical Step to Robust Design”. New Delhi: Prentice Hall of India Private Limited, 1993.

Roy, Ranjit. “A Primer on the Taguchi Method”. Michigan: American Suplier Institute, 1999.

Ilham, Muhammad N. “Analisa pengendalian Kualitas Dengan Metode SPC”. Jurnal Teknik Industri. Vol. 3, No. 1, Mei 2012: 44-65.

Anggoro, Paulus W. “Strategi Pooling Up”. Media Statistika, Vol. 5, No. 2, Dec 2012.

Wuryandari, Triastuti. “Metode Taguchi Untuk Optimalisasi Produk Pada Rancangan Faktorial”. Media Statistika, Vol. 2, No.2, Dec 2009.

Hartono, Mohamad. “Meningkatkan Mutu Produk Plastik Dengan Metode Taguchi”. Jurnal teknik Industri, Vol. 13, No. 1, Feb 2012: 93-100.

Amri, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Metode Taguchi pada CV Setia Kawan”. Jurnal Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi IST Akprind, Yogyakarta, 2008.

Erizon, Nelvi. “Implementasi Pendekatan Metode Taguchi terhadap Kualitas Geometrik Hasil Pembubutan Poros Idler”. Prosiding Jurnal Konvensi Nasional APTEKINDO VII dan temu karya XVIII FPTK, Bagian IV hal 180-804). 2011.

Waluyo. Budi, Saifudin. “Optimasi Setingan Mesin Pada Penggunaan Gasohol E-15 Dengan Metode Taguchi Untuk Mendapatkan Emisi Co Dan Hc Yang Rendah”. Jurnal Seminar Nasional Teknik Mesin 7, Surabaya, Juni 2012.

Afy Damaris. Ricky, Soepangkat. Bobby. “Optimasi Kuat Tekan Dan Daya Serap Air Dari Batako Yang Menggunakan Bottom Ash Dengan Pendekatan Respon Serentak”. ITS-Paper under graduate.

Rakasita, Karuniawan. “Optimasi Parameter Mesin Laser Cutting Terhadap Kekasaran Dan Laju Pemotongan Pada Sus 316l Menggunakan Taguchi Grey Relational Analysis Method”. Jurnal Teknik Industri Volume XI No. 2, Surabaya, Mei 2016.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.