FENOMENA TATA GUNA LAHAN, PERUMAHAN DAN TRANSPORTASI DALAM PERKEMBANGAN KOTA-KOTA BESAR (KASUS : KOTA SURABAYA DAN METROPOLITAN GKS PLUS)

Aditianata Aditianata

Sari


Perubahan pemanfaatan lahan pada suatu kota juga dipengaruhi oleh transportasi yang kemudian membentuk tata guna lahan pada kota tersebut. Transportasi sangat terkait dengan aksesibilitas, dimana aksesibilitas merupakan faktor yang sangat menentukan organisasi ruang di kawasan perkotaan. Fenomena tata guna lahan dan transportasi dalam perkembangan kota Surabaya turut berperan dalam menciptakan permasalahan yang ada di Kota Surabaya. Perkembangan Kota Surabaya yang telah menyebar hingga membentuk Kawasan Metropolitan GKS Plus telah menciptakan peluang-peluang baru dalam pengembangan transportasi dan memunculkan perumahan-perumahan baru di Kawasan tersebut. Transportasi dan tata guna lahan merupakan instrument penting yang sangat berperan dalam pembangunan dan pengembangan kawasan perkotaan secara menyeluruh. Transportasi juga sangat berkaitan dengan penggunaan lahan, terutama di daerah perkotaan. Kota Surabaya dan GKS Plus telah menunjukkan bahwa penggunaan lahan terutama perumahan dan transportasi telah terbukti ikut mempercepat perkembangan kota. Penggunaan lahan di Surabaya merupakan hasil akhir dari aktivitas dan dinamika kegiatan penduduknya dan bersifat dinamis, dalam hal ini terjadi perubahan dari penggunaan lahan pertanian menjadi perumahan dan kemudian dari perumahan menjadi komersil yang meningkat nilai ekonomi serta produktivitas barang dan jasa.
Kata kunci : Perubahan pemanfaatan lahan, Transportas, perkembangan kota


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Kusbiantoro, BS. 2005. Peran Transportasi terhadap perkembangan dan Pertumbuhan Kota dalam Bunga Rampai Pembangunan Kota Indonesia dalam Abad 21. URDI. Jakarta.

Rustiadi, E. et. all. 2011. Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Crestpent Press & Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Jakarta.

Soesilo, N. I. 1999. Ekonomi, Perencanaan & Manajemen Kota. Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik. Universitas Indonesia. Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISIT COUNTER:

gerEGGe