MODEL GOAL ORIENTATION SEBAGAI EFEK DARI PERSEPSI QUALITY OF SCHOOL LIFE SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI MAHASISWA PSIKOLOGI

Sulis Mariyanti

Sari


Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran  model goal orientation mahasiswa sebagai efek dari persepsi quality of school life serta implikasinya terhadap prestasi belajar mahasiswa. Prestasi belajar mahasiswa tidak hanya dipengaruhi oleh faktor kemampuan internal yang dimilikinya, namun juga dapat dipengaruhi oleh faktor di luar dirinya yaitu yang berkaitan dengan kualitas kehidupan kuliahnya ( quality of school life).Quality of school life merupakan derajat kepuasan dan kesejahteraan mahasiswa terhadap aspek-aspek fisik maupun non fisik serta pengalaman mahasiswa selama berada di kampus, baik  pengalaman positif maupun negatif. Pengalaman tersebut bersifat subjektif berupa pengalaman sosial, pengalaman terhadap tugas yang diberikan serta hubungan antara mahasiswa dengan otoritas dalam hal ini dosen dan kelompok sosial pertemanan di kampusnya. Pengalaman yang positif memuaskan cenderung dapat membuat mahasiswa antusias, termotivasi dalam menjalani proses belajar mengajar dan mengarahkan perilakunya yang berorientasi pada goal (goal orientation) yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan persepsi quality of school life terhadap goal orientation mahasiswa. Sedangkan persepsi quality of school life berpengaruh negatif signifikan terhadap prestasi belajar. Di sisi lain, ditemukan bahwa goal orientasi tidak mampu memediasi pengaruh persepsi quality of school life  terhadap prestasi belajar.

 

Kata kunci: goal orientation, task involved, ego involved, persepsi of school life, pretasi belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ames, C. & Archer, J. (1988). Achievement Goals in the Clasroom : Student’s Learning Strategies and Motivation Process. Journal of Educational Psychology, 80 (3).

Linnakyla, P. (1996). Collaboration And Authenticity In Evaluating The Quality Of School Life. Diunduh dari http://ktl.jyu.fi/arkisto/verkkojulkaisuja/electronic/001/linnakyla.htm.

Meece, J.L Blumenfeld, P.C & Hoyle, P.C. (1988). Student’s Goal Orientation and Cognitive Engagement in Classroom Activities. Journal Of Educational Psychology, (80).

Mok, M & Flynn, M. (1997). Does School Size Affect Quality Of School Life? Issues in Educational Research. [On line]. Diunduh dari http://education.curtin.edu.au/iier/iier7/mok.htm.

Pintrich, P.R & Schunk, D.H. (1996). Motivtion in Education: Theory, Research and Application. New Jersey: Prentice Hall.

Schmidt, L.J. (1992). Relationship Between Pupil Control Ideology And The Quality Of School Life. Journal of Invitational Theory and Practice. [online]. Diunduh dari http://www.invitationaleducation.net/publications/journal/v12p103.htm.

Steinberg, L. 2002. (6th edition). Adolescence. Boston: McGrawHill.

Winarsunu. (2012). Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.

Winkel, W.S. (1991). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Woolfolk, A.E. (2004). (9th Edition). Educational Psychology. Boston: Pearson Education, Inc.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.