EFEKTIVITAS PARENTING SKILL DALAM MENANGANI PERILAKU AGRESI ANAK USIA DINI

Firsty Oktaria Grahani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan parenting skill dalam memengaruhi knowledge dan skill yang dimiliki ibu dari anak yang berperilaku agresif.Pelatihan ini dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan dengan pendekatan reflektif dan partisipatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Aktivitas dalam pelatihan ini adalah meminta orang tua untuk melakukan refleksi diri mengenai teknik-teknik menangani anak, membuat jurnal harian selama satu minggu, melakukan analisa kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan nilai pre-post test pada pemahaman orang tua dengan nilai ibu R, t= -1,00 dan p=0,317 (p>0,05) dan untuk ibu D nilai t=-1,134 dan p=0,257 (p>0,05) t=-1,134, p>0.05, yang menunjukkan tidak terjadi peningkatan pemahaman orang tua terkait dengan perilaku agresi anak dan tidak terdapat perbedaan nilai pre-post test pada angket ketrampilan orang tua dengan nilai untuk ibu R t= -0,378 dan p=0,705 (p>0,05) dan untuk ibu D nilai t=-0,816 dan p=0,414 (p>0,05) yang menunjukkan tidak terjadi peningkatan ketrampilan orang tua dalam menangani perilaku agresi anak. Sedangkan berdasarkan skor kuantitatif untuk pre-postest pemahaman orang tua dan ketrampilan orangtua terjadi peningkatan , skor untuk ibu D dari 48 menjadi 41 dan skor ibu R dari 50 menjadi 47 (angket bersifat negatif sehingga semakin rendah skor berarti semakin tinggi artinya ibu semakin tidak menyetujui perilaku tersebut dilakukan oleh anak). Untuk pre-postest ketrampilan orangtua terjadi kenaikan skor pretest dan posttest, ibu D dari 67 menjadi 69 dan untuk ibu R dari 79 menjadi 80.

 

Kata kunci: pelatihan parenting skill, perilaku agresi, anak usia dini


Referensi


Allport, G.W. (1935). “Attitudes” in A Handbook of Social Psychology. Worchester, MA: Clark University Press.

Bandura, Albert., Dorothea Ross., & Sheila Ross. (1961). Transmission of aggression through imitation of aggression models. Diunduh tanggal 19 Agustus 2011 dari http://psychclassics. yorku.ca/Bandura/bobo.htm.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Reading, MA: Adisson-Wesley

Gunarsa, S. (2003). Pengantar psikologi perkembangan: Anak dan remaja. Cetakan kedelapan belas. Bandung: Penerbit PT. Rosdakarya.

Haberstick, Schmitz, Young, Hewitt. (2006). Genes and developmental stability of aggressive behavior problems at home and school in a community sample of twins Aged 7–12. Behav Genet, 36:809–819

Hurlock, E. B. (1997). Psikologi perkembangan “suatu pendekatan dalam rentang kehidupan”. Edisi kelima, cetakan ketujuh, Jakarta: penerbit PT. Gramedia.

Kaufmann, James. (1981). Characteristic of children’s behavior disorders. Charles E. Merrill Publishing company: United States of America.

Veronica, F. (2007). Pola asuh orangtua, harga diri dan perilaku bullying di sekolah. Skripsi, tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi. Universitas Surabaya. Surabaya.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.