Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Jakarta Barat

MF Arrozi Adhikara, Sri Handayani, Sapto Jumono, Darmansyah Darmansyah

Sari


Mahasiswa  mengalami kesulitan  untuk lulus dari perguruan tinggi karena persyaratan menulis karya  tulis  ilmiah. Mahasiswa enggan menulis  karya tulis  ilmiah  karena  kurang  pengetahuan  dan  kemampuan  tentang  pembuatan  karya tulis ilmiah.Tujuan utama pelatihan penyusunan artikel yang layak publikasi pada mahasiswa adalah Memberikan  wawasan  pengetahuan  tentang  pentingnya  peningkatan  kualitas  dan kuantitas  karya  penelitian dan memberikan kemampuan untuk mengembangkan karya berbentuk pelaporan penelitian dan artikel ilmiah. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat bentuk pelatihan penulisan karya ilmiah adalah workshop. Pelaksanaan program melalui pelatihan, pembinaan, dan pendampingan dalam proses penyusunan artikel ilmiah. Bahan yang digunakan adalah hasil skripsi mahasiswa yang diringkas dalam bentuk jurnal atau artikel ilmiah.Pelaksanaan pengabdian ini berhasil karena kesesuaian materi dengan kebutuhan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya, respon  yang  positif  dari mahasiswa, dan sebagian  besar memahami  konsep dan arti penting pengembangan  karya ilmiah.

 

Kata Kunci: hasil penelitian, publikasi, kualitas


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2011. Materi Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional. Kementerian Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.2012. Surat edaran penulisan artikel ilmiah No 152/E/T/2012. Januari 2012.

Harry Firman, 2004. Menulis Karya Ilmiah. Artikel diakses dari www.fmipa.edu pada 9 Oktober 2012.

I Wayan Surata.2012. Menulis artikel ilmiah. Artikel diakses dari www.google.com pada 23 Juni 2012.

Zulmasri.2008. Pedoman Singkat Karya Tulis Ilmiah. Artikel diakses dari www.zulmasri.ordpress.com pada tanggal 12 Pebruari 2009.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365