Pengelolaan Keuangan bagi Masyarakat Kelompok Usaha Pariwisata Bahari Kepulauan Tidung

Dihin Septyanto, Iin Endang Mardiani, Lia Amalia, Yosevin Karnawati

Sari


Tujuan utama pengabdian masyarakat adalah melakukan pengelolaan penentuan tarip pelayanan pariwisata bahari sebagai penentuan harga jual pariwisata Pulau Tidung agar dapat terjangkau oleh konsumen dan wisatawan domestik dan mancanegara, membentuk penataan pengelolaan keuangan dalam bisnis wisata bahari berdasarkan pendekatan sistem akuntansi baik secara manual maupun komputerisasi, serta pengembangan pengetahunan masyarakat terhadap pentingnya pengelolaan keuangan, yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masayarakat Pulau Tidung yang mandiri.Metode pengabdian masyarakan menggunakan Rapid Rural Appraisal dengan rencana tindak pemberdayaan usaha pariwisata melalui pelatihan kegiatan usaha wisata bahari dalam penentuan tarip jasa wisata bahari, pembinaan dalam pengelolaan keuangan bisnis wisata bahari, serta pendampingan dalam penyusunan sistem akuntansi jasa wisata bahari baik secara manual maupun komputerisasi.Hasil kegiatan  pelatihan  perencanaan dan pengelolaan keuangan serta modal kerja UKM  untuk  meningktakan  kinerja  keuangan  perusahaan  berjalan  dengan lancar karena peserta  antusias  mengikuti  acara  hingga  selesai  dan  merasakan manfaat pelatihan bagi kemajuan usaha mereka.

 

Kata kunci: wisata bahari, pengelolaan keuangan, modal kerja


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gani, Ascobat,dkk. 2002. Perencanaan dan penganggaran Kesehatan Terpadu (Integrated Health Planning and Budgeting), Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Jakarta.

Supriyanto, S., J.P. Widiada, N.Anita D,Thinni NR.Djasiki. 2000. Analisis Biaya satuan dan Penyesuaian Tarif Pelayanan Puskesmas, Bagian Administrasi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, Surabaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365