Akutansi UKM bagi Kelompok Usaha Kripik Ikan, Krupuk Ikan, dan Dodol Rumput Laut Kepulauan Tidung

Adrie Putra, Abdurrahman Abdurrahman, Sugiyanto Sugiyanto, Daulat Freddy

Sari


Penentuan harga produk krupuk ikan dan kripik ikan di Pulau Tidung sangat sederhana berdasarkan trial error dan feeling sehingga mengalami kesulitan yang sangat kompleks dari mulai input produk, proses produksi, sampai dengan output produksi.Tujuan utama kegiatan pengabdian masyarakat di Pulau Tidung pada home industry kelompok usaha krupuk ikan, kripik ikan dan dodol rumput laut adalah meningkatkan ketrampilan dalam bidang pelaporan keuangan yang berguna untuk pengembangan usaha krupuk ikan, kripik ikan dan dodol rumput laut.Metode quality awarenes dan Rapid Rural Appraisal menghasilkanrencana tindakpemberdayaan usaha krupuk ikan, kripik ikan dan dodol rumput laut dalam bentuk pelatihan mengenai penentuan harga jual produk yang benar supaya produk tersebut sesuai dengan harga konsumen dan wisatawan domestik, melakukan pembuatan dan pembentukan laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan berdasarkan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP), dan melakukan pembuatan laporan perpajakan dengan SPT Pribadi dan Badan berdasarkan aturan pemerintah tentang pajak penghasilan dan self assesment. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan pelatihan akuntansi bagi usaha mikro, kecil, menengah (UKM) untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan berjalan dengan lancar. Peserta memperoleh manfaat pelatihan bagi kemajuan usaha mereka.

Kata kunci: sistem akuntansi, pelaporan keuangan, pajak penghasilan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adrie Putra, Abdurrahman, Sugiyanto, Daulat Freddy. 2013. IbM kelompok Usaha Pulau Tidung Kepulauan Seribu, Laporan pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Esa Unggul, Jakarta

Dikti, 2013, Panduan Pelaksanaan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Perguruan Tinggi Edisi IX, DP2M, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gani, Ascobat,dkk. 2002. Perencanaan dan penganggaran Kesehatan Terpadu (Integrated Health Planning and Budgeting), Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia, 2011. Standar Akuntansi Keuangan Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP), IAI-Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365