Pelatihan Manajemen Keuangan dan Pemasaran untuk Pengembangan Usaha Warung di Kecamatan Gambir

Endang Ruswanti, Arief Suwandi

Sari


Pengabdian masyarakat telah dilaksanakan dengan menganalisa situasi meliputi: mitra tidak membiasakan melakukan pembukuan keuangan, cara menyajikan makanan masih belum ditata agar menarik konsumen, tempat masak dan ruangan tamu belum rapih dan kurang bersih, juga cara menawarkan makanan yang kepada konsumen yang masih kurang ramah. Untuk itu dilaksanakan pengabdian kepada mitra warung makan dengan membantu agar dapat mengembangkan warung makannya.Kegiatan yang dilakukan adalah memberikan pengetahuan tentang pembukuan, pengelolaan keuangan dengan teori dan praktek, manajemen pemasaran dan kewirausahaan.Pengaturan ruangan makan dan dapur agar nampak bersih dan tertata. Luaran pengabdian ini adalah agar pemilik warung lebih terampil dalam mengelola usaha warung nasi dan diharapkan dengan mengetahui pengetahuan diatas akan lebih berkembang dan menjadi tujuan konsumen untuk makan di warung nasi. Setelah diberikan pelatihan mitra mendapat pengetahuan keuangan maka mitra dapat melakukan pembukuan setiap hari sehingga dengan pembukuan tersebut mereka bisa merancang pengembangan usahanya.Pengatahuan pemasaran dan kewirausahaan bisa menunjang keberhasilan warung makan nasi saat ini dan mendatang dan pada akhirnya pengembangan warung nasi akan meningkatkan taraf hidup dan perekonomian mitra.

 

Kata kunci: keuangan, pemasaran, kewirausahaan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hisrich, R. D., Peters, M. P. and Shepherd, D. A. (2010).Entrepreneurship, 8th edn., New York: McGraw-Hill Irwin, p. 8.

Kuratko, D.F. (2005). The emergence of entrepreneurship education: Development, Trends and Challenges. Entrepreneurship Theory and Practice, 577-597Ronstadt, R. C. (1984).Entrepreneurship, Dover, MA: Lord Publishing Co., p. 28.

Vesper.K.H. and Gartner, W.B. (1997).Measuring progress in entrepreneurship Education.Journal of Business Venturing, 12, 403-421.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365