Pengetahuan dan Sikap Guru Sekolah Dasar tentang Light Exercise di SDN GU 12 Pagi

Iskari Ngadiarti, Dudung Angkasa

Sari


Indonesia merupakan salah satu Negara yang sampai saat ini masih memiliki masalah terkait Gizi. Permasalahan Gizi di Indonesia semakin kompleks tidak hanya karena kurang gizi masih tinggi, tetapi masalah kelebihan gizi dan akibatnya semakin meningkat. Pola hidup sehat, termasuk didalamnya aktivitas fisik dan olahraga merupakan salah satu faktor utama pada kompleksnya permasalahan gizi di Indonesia. Aktivitas fisik dan olahraga yang rendah menjadi pemicu meningkatnya masalah gizi lebih. Salah satu aktivititas fisik yang dapat dilakukan adalah dengan light exercise. Data RISKESDAS 2010 Status Gizi TB/U, BB/TB DKI Jakarta memiliki status gizi gemuk 10,1% dan Kurus 10,8%. Berdasarkan Status gizi IMT/U DKI Jakarta memiliki prevalensi 12,8 % untuk kategori gemuk dan 6,5% untuk kategori kurus. Sementara itu di berdasarkan TB/U untuk kategori pendek 14,5 % dan 9,4% sangat pendek. Prevalensi Status Gizi (TB/U) umur 6-12 tahun didapat sebagian besar anak laki-laki terkategori pendek 20,9% dan sangat pendek 15,6%. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap guru sekolah dasar tentang light exercise sebagai model olahraga yang praktis dan efektif di SDN GU 12 Pagi, sebelum dilakukan intervensi penyuluhan melalui. Metode yang digunakan adalah cross-sectional design. Sampel adalah seluruh guru sekolah dasar berjumlah 10 orang. Analisis data menggunakan univariate untuk mengetahui gambaran secara umum mengenai light exercise. Dari hasil penelitian di dapat sebagian besar responden mempunyai skor rata-rata baik pengetahuan terhadap light exercise sebesar 30% dan yang memiliki skor rata-rata kurang sebanyak 70%. Oleh karena itu, light exercise di lingkungan sekolah perlu ditingkatkan untuk menerapkan light exercise untuk para siswa.

Kata kunci: pengetahuan, sikap, light exercise


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Berdasarkan penelitian didapat perlu adaya peningkatan pengetahuan light exercise pada guru sekolah dasar agar dapat menjadi model dalam menyampaikan gaya hidup sehat dan menurunkan terjadinya obesitas.

Daftar Pustaka

Agoes,S & Poppy,M. (2003). Mencegah dan Mengatasi Kegemukan pada Balita. Puspa Swara. Jakarta.

Atkin LM, Davies PSW. (2000). Diet Composition and Bady Composition in Preschool Children. Am J Clin Nutr.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, (2010). Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2010. Penerbit: Kemenkes RI. Jakarta.

Danari AL, Mayulu N, Onibala F. (2013). Hubungan Aktivitas Fisik dengan kejadian Obesitas pada Anak SD di Manado. ejournal keperawatan (e-Kp) Volume 1. Nomor 1.

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=140947&val=5798&title=

Depkes, RI. (2007). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Depkes RI.

Hutahaean, GD. (2013). Hubungan Pola Makan dan Aktivitas Fisik Terhadap Obesitas pada Anak Sekolah Dasarkelas IV Dan V Yayasan Pendidikan Syafiyyatul Amaliyyah. Universitas Sumatra Utara.

Kopelman,G.D. (2000). Obesity as a Medical Problem, NATURE. 404: 635- 43.

Van Stuijvenberg, Martha E. Using the School Feeding System as a Vehicle for Micronutrient Fortification: Experience from South Africa. Food and Nutrition Bulletin, vol. 26, no.2 (supplement 2) 2005, The United Nations University.

WFP (2004). School Feeding Programs: Why They Should be Scaled Up Now

WHOEnergy and Protein Requirements. World Health Organization, Geneva, 1985. (WHO Technical Report Series No. 724).

WFP (2004). Improving Food and Nutrition Security Through Food for Education Programs in Africa 2004. Retrieved April 8, 2008 from http://www.wfp.org/food_aid/school_feeding/LearnMore_Publications.asp?section=12&sub_section=3

WFP, UNESCO and WHO (1999). School Feeding Handbook. Retrieved April 8, 2008 from http://portal.unesco.org/education/en/ev.php-URL_ID=36315&URL_DO=DO_TOPIC&URL_SECTION=201.html

Yayasan Institut Danone. 2010. Sehat & Bugar Berkat Gizi Seimbang. Penerbit: PT. Gramedia. Jakarta.

Yayasan Institut Danone. 2013. Pedoman Gizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Penerbit: PT. Gramedia. Jakarta.

Yuniastuti, A. 2008. Gizi dan Kesehatan. Penerbit: Graha Ilmu. Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365