Ipteks Bagi Masyarakat Kelompok Usaha Handycraft, Kecamatan Ciputat dan Pamulang, Kotamadya Tangerang Selatan

MF Arrozi

Sari


 Kecamatan Ciputat dan Pamulang merupakan daerah yang berpotensi sebagai penghasil home industry bidang olahan limbah plastik yang dirubah menjadi handycraft yang dimanfaatkan untuk kegiatan perdagangan dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Pembuatan handycraft masih dilakukan secara sederhana, terbatas dengan skala ekonomi kecil, serta pemasaran sederhana tanpa mengembangkan pola perencanaan usaha, produksi, dan pemasaran. Implikasinya menyebabkan kesalahan usaha dalam proses input; produksi; serta output handycraft. Tujuan pengabdian masyarakat adalah meningkatkan ketrampilan dalam perencanaan usaha, pengembangan usaha, proses produksi, akuntansi biaya, akuntansi keuangan, dan perpajakan yang berguna untuk pengembangan usaha handycraft.Metoda pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan pendekatan  action, quality awareness,  serta  rapid rural appraisal (RRA) melalui sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan pengelola industri rumah tangga melalui pemberian ceramah, penyuluhan, dan demonstrasi kepada kelompok usaha kecil. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan dan pendampingan untuk untuk menyusun rencana tindak dalam mengatasi masalah perencanaan dan pengembangan usaha, penentuan harga jual, pengelolaan keuangan, akuntansi, serta aspek perpajakan.Hasil pengabdian masyarakat adalah terbentuknya panduan manual prosedur sistem akuntansi untuk penentuan unit cost produk, terbentuknya metode penentuan harga jual produk, terbentuknya metode alokasi biaya produksi, terciptanya laporan keuangan home industry berdasarkan SAK ETAP, terciptanya sistem pelaporan perpajakan yang baik dan benar menurut self assessment.

 

Kata Kunci: Penentuan Harga Pokok, Penentuan Harga Jual, Sistem Akuntansi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arif, A. dan Wibowo, “Akuntansi Untuk Bisnis Usaha Kecil dan Menengah”, Gra-sindo, Jakarta, 2004.

Arifin, J dan Wicaksono, “Komputer Akuntansi dengan Microsoft Excel”, Elex Media Komputindo. Jakarta, 2006.

Barbara JO, Sandy HS, Allan LR, “Perfor-mance, firm size, and mana-gement problem solving”, Journal of Small Business Management 38(4):42-58, 2000.

Benjamin, W.P., ”Laporan Keuangan (Ikhtisar Akuntansi) Perusahaan Kecil”, Dalam Prosiding, Seminar Akuntan Nasional, Surabaya, 1990.

Ikatan Akuntan Indonesia, ”Standar Akuntansi Keuangan Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP)”, IAI Jakarta, 2011.

Peraturan UKM. UU No. 9 Tahun 1995 tentang Usaha Kecil.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365