Pembekalan Pengetahuan tentang Identifikasi Jenis Ular Berbisa dan idak Berbisa serta Cara Penanganannya di Yayasan Al Wathoniyah 19 Cakung Jakarta Timur ISSN 2406-8365

Ari Anggarani Anggarani Winadi Prasetyoning Tyas, Erwan Baharudin

Sari


Abstrak

Ular merupakan reptil yang dapat beradaptasi dengan lingkungannya, oleh sebab itu jenis dan penyebarannya sangat banyak dibandingkan dengan jenis reptile maupun binatang lainnya. Beberapa jenis ular hidup diberbagai habitat seperti di hutan, gunung, sungai, semak belukar, gorong-gorong, serta di laut. Oleh sebab itu tidak mengherankan bila banyak dijumpai ular yang masuk kedalam pemukiman warga. Namun sayangnya keberadaan ular di masyarakat belum dapat diterima keberadaannya karena adanya pengetahuan yang kurang tepat, sehingga tidak mengherankan jika ada warga yang bertemu ular mereka ada yang menghindar atau bahkan membunuhnya. Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pengenalan identifikasi jenis ular berbisa dan tidak berbisa di  yayasan Al Wathoniyah 19 cakung Jakarta Timur. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari dua sesi, yang pertama adalah pengenalan melalui slide menggunakan proyektor dan kedua adalah dengan membawa jenis-jenis ular tersebut secara langsung, sehingga para audiens dapat melihatnya secara langsung bahkan untuk jenis ular tidak berbisa mereka dapat menyentuh dan melilitkan ular tersebut ke badannya. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah adanya penyerapan pengetahuan oleh audiens terhadap berbagai jenis ular yang ada disekitar lingkungannya dan sering mereka jumpai. Secara perilaku audiens, hasil yang didapat adalah mereka mulai berani mendekat dan menyentuh ular yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan oleh audiens. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah adanya transformasi pengetahuan baru dapat merubah pandangan dan paradigma yang sebelumnya diakui kebenarannya selama bertahun-tahun. Perubahan ini memang tidak secara instan dapat diperoleh, ada yang memerlukan waktu cukup lama dan ada juga yang secara cepat. Perubahan secara cepat dapat didapatkan dengan pengalaman yang diperoleh sendiri baik dengan cara melihat dan juga merasakan secara langsung. Setelah adanya kegiatan P2M ini, para guru dan siswa telah mengetahui jenis-jenis ular dan penanganannya ketika mereka bersinggungan dengan ular.

 

Kata kunci: paradigm, phobia, pengetahuan jenis ular


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abu Bakar Baraja, Psikologi Konseling dan Teknik Konseling, Studia Press, Jakarta, 2004

Adi W. Gunawan, Hypnotherapy, PT gramedia pustaka utama, Jakarta, 2006

Carlos a Driscoll, David W. Macdonald, Stephen O Brien, From wild Animals to Domestic Pets, an evolutionary view of domestication. PNAS, Vo. 106, 2009.

Carlos a Driscoll, David W. Macdonald, Stephen O Brien,” Fromwild Animals to Domestic Pets, anevolutionary view of domestication”, PNAS, Vo. 106, 2011.

David Lewis, Taklukkan Phobia Anda Seri Psikologi Popular, Jakarta, 1987

Gerald Corey, “Teori dan Praktek Konseling Psikokonseling”, Refika Aditarna, Bandung, 1999

Grandgeorge, Marine & Hausberger, Martine, Human-animal relationships: from daily life to animal-assisted therapies. Ann Ist Super Sanità, Vol. 47, No. 4: 397-408, 2011.

K. Dobney1 & G. Larson, Genetics and animal domestication: new windows on an elusive process, Journal of Zoology 269, 261–27, 2006.

Kay Anderson, A walk on the wil side: a critical geography of domestication, progress in human geography 21, 4.

Nerissa Russell, The Wild Side of Animal Domestication, Society & Animal, 10:3, 2002.

Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. Psikologi abnormal, Erlangga, Jakarta, 2005.

O’Connor, T. P, Working at relationships: Another look at animal domestication. Antiquity, 71, 149-156, 1997.

Pavol Prokop, Murat Ozel, Muhammet Usak, Cross-cultural comparison of student attitudes toward snakes, Society & Animals 17, 2009.

Prokop P Prokop, Tunnicliffe, Disgusting animals: primary school children attitudes and myths of bats and spider, Science and Technology Education 4 (2)

Prokop P Prokop, Tunnicliffe, Effect of keeping animalsas pets on childrens concepts of vertebrates and invertebrates, International journal of science education, 30 (4), 2008.

Schneider, David, The Psychology of Stereotyping, New York, The Guildford Press, 2004.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365