Penyusunan Naskah Akademik Raperda Kabupaten Sidoarjo Tentang Retribusi Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing

Joko Widarto

Sari


Abstrak

PPM ini bertujuan membantu Pemerintahan Daerah, khususnya Sekretariat Daerah Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur untuk menyusun naskah akademik Rancangan Peraturan Daerah (Ra-perda) mengenai  retribusi perpanjangan izin mempekerjakan tenaga kerja  asing  (IMTA) dengan sistematika penyusunan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor  53  Tahun  2011  tentang  Pembentukan  Produk  Hukum  Daerah. Metode pelaksanaan diawali de-ngan penyusunan naskah akademik sebagai hasil penelitian normatif dan empiris pada bulan April 2013. Kemudian dilanjutkan dengan metode pendampingan pada saat pembahasan tim penyusunan Raperda ini pada tanggal 22 dan 23 Agustus 2013 di Hotel Purnama, Batu, Jawa Timur dengan bahan naskah akademik sebagai hasil penelitian tersebut. Pada saat pembahasan itu, naskah aka-demik tentang retribusi perpanjangan IMTA yang disusun penulis dengan mengalami berbagai perubahan pada umumnya bisa diterima dengan baik oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Sidoarjo sebagaimana uraian hasil dan pembahasan di bawah ini. Sehingga akhirnya menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 11 Tahun 2014 tentang Retribusi Perpanjangan Izin Mempe-kerjakan Tenaga Kerja Asing (Lembaran Daerah Kabupaten Sidoarjo Tahun 2014 Nomor 1 Seri C, Tambahan Lembaran Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 49)

 

Kata kunci:  Naskah Akademik, Raperda Sidoarjo, IMTA


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Handoyo, B. Hestu Cipto, “Prinsip-prinsip Le-gal Drafting dan Desain Naskah Akade-mik”, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta, 2008.

Kurnia, Mahendra Putra, “Pedoman Naskah Akademik Perda Partisipatif”, Total Media, Yogyakarta, 2007.

Sutrisno, Endang, “Bunga Rampai Hukum dan Globalisasi”, Genta Press, Yogyakarta, 2007.

Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13 Tahun 2006 sebagaimana diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 59 Tahun 2007 tentang Pedoman Penge-lolaan Keuangan Daerah.

Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmi-grasi Republik Indonesia Nomor: Per.02/Men/III/2008 tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing

Peraturan Pemerintah Nomor 97 Tahun 2012 tentang Retribusi Pengendalian Lalu Lintas dan Retribusi Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing.

Siahaan, Mariot P., “Pajak Daerah dan Retribusi Daerah”, PT Rajagrafindo Persada, 2006

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

Widodo, Joko, “Good Governance”, Insan Cendekia, Surabaya, 2001.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365