Pelatihan E-Commerce dengan Membuat Toko Online Menggunakan OpenCart di SMK Pasundan Tangerang

Yulhendri Yulhendri, Bambang Irawan

Sari


Abstrak

Perkembangan internet dan perkembangan teknologi gadget yang cukup pesat telah merevolusi proses jual beli akhir-akhir ini. Dikarenakan kondisi jalan yang semakin macet, dan kesibukan orang-orang dalam bekerja sehingga fenomena jual beli melalui toko online menjadi semakin marak. Melihat paradigma tersebut,  maka kemampuan membuat toko online akan menjadi nilai tambah bagi setiap orang yang ingin memulai usaha tapi belum bisa memiliki toko secara fisik. Disamping itu, kemampuan membuat toko online itu dapat menjadi modal untuk ditawarkan kepada pemilik toko fisik agar bisa juga memanfaatkan toko online untuk meningkatkan pangsa pasar mereka. Permasalahan yang terdapat di SMK Pasundan adalah siswa nya belum memiliki keterampilan dalam pembuatan toko online,  sehingga Universitas Esa Unggul melalui kegiatan pengabdian masyarakat memberikan Penyuluhan Teknologi Informasi, Internet dan Pelatihan Aplikasi Komputer untuk Perkantoran bagi guru-guru dan siswa-siswi SMK Pasundan Tangerang. Agar para siswa SMK Pasundan Tangerang yang terdiri  dari jurusan Teknologi Komputer dan Jaringan (TKJ) serta jurusan Administrasi Perkantoran (Adm-Bis) ini dapat memiliki keterampilan dalam pembuatan toko online, maka materi pelatihan yang diberikan adalah tentang pembuatan toko online dengan aplikasi OpenCart. Dengan diadakannya pelatihan ini, para siswa-siswi SMK Pasundan Tangerang memiliki antusias yang cukup tinggi dengan pelatihan ini memiliki keterampilan dan wawasan dalam pembuatan toko online serta memiliki minat untuk mulai berwirausaha. Lebih jauh para siswa-siswi SMK Pasundan ini bisa menjual keterampilannya kepada orang-orang yang ingin memulai usaha secara online. Kemampuan yang diperoleh oleh siswa SMK Pasundan Tangerang ini dirasakan sangat bermanfaat dan mereka sangat berharap untuk dikembangkan lebih lanjut untuk dikembangkan lebih lanjut. Hasil dari pelatihan pembuatan toko online ini masih dalam bentuk prototyping dan masih perlu tindak lanjut pengembangan pelatihan agar ditindaklanjuti dengan pelatihan tambahan dari sisi marketing dan pengetahuan produk.

 

Kata Kunci : e-Commerce,toko online,OpenCart.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


E-Commerce Kiat dan Strategi Bisnis Di Dunia Maya.pdf

e-Commerce, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2001.

Jurnal penerapan e-commerce dalam menunjang penjualan produk.pdf

Nugroho, A., E-Commerce : Memahami Perda-gangan Modern di Dunia Maya, Informatika, Bandung, 2006.

Nugroho, Bunafit. Membuat Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Dengan PHP dan MySql, Penerbit GAVA MEDIA, Jogjakarta, 2008.

Onno W. Purbo, Dkk, Mengenal pengembangan sistem informasi penjualan toko online berbasis web, (2012), http://journal.unnes.ac.id/sju/ index.php/edukom,tanggal download

Syilfiani, Filia Ika. Membangun Toko Online dengan OpenCart, Penerbit Elex Media Computindo, Jakarta, 2010.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365