PELATIHAN KETRAMPILAN MASYARAKAT BALARAJA DALAM BIDANG PENGELOLAAN PEMASARAN

Jatmiko Jatmiko, Endang Ruswanti, Rojuaniah Rojuaniah, Mudjiarto Mudjiarto

Sari


Abstrak
Masyarakat pengarajin dalam tingkatan usaha home industri di era persaingan bebas ini mengalami kesulitan memasarkan hasil produksinya. Kesulitan ini dikarenakan pemahamannya yang minim terhadap prisip dasar dan proses pemasaran kompetitive yang berorientasi kepada pasar, akibatnya banyak masyarakat pengarajin tidak melalukan produksi lagi bahkan cenderung menjadi pengangguran.Tujuan utama dalam pelatihan keterampilan pengelolaan pemasaran ini adalah memberikan pengetahuan dan wawasan tentang prinsip dasar dan proses pemasaran berkesinambungan, sehingga disamping mengiatkan iklim usaha di masyarakat juga akhirnya pelaku usaha mempu memproduksi produk yang dapat diserap oleh pasar tanpa harus menunggu adanya pesanan.Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini bentuknya berupa diskusi dan dialog, penjelasan prinsip dasar dan proses pemasaran barang dan jasa, konsultasi personal
antara pelaku usaha dengan praktisi dan tim atas produk yang dihasilkan.Pelaksanaan pengabdian ini
sesuai dengan kebutuhan dan kesulitan para pelaku usaha di masyarakat wilayah Pundong Balaraja, oleh sebab itu antosias masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini sangat tinggi dengan alasan keinginan mereka agar berhasil dalam memasarkan usahanya. Keberhasilan kagiatan usaha bagi
masyarakat akan mendorong penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan, dan sangat potensial memicu lahirnya pelaku usaha baru dari masyarakat setempat terutama pada tingkat usia produktif.
Kata kunci : Prinsip dasar pemasaran, proses pemasaran, pelaku usaha, pemasaran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Haryati Sri, Irianto Tri, Rancang Bangun Sistim Informasi E-Commerce untuk usaha fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus. UNSA, Surakarta, 2012.

J. Paul Peter dan Jerry C. Olson, Consumer Behavior Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Erlangga, Jakarta, 1999.

Jogiyanto, H.M, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Andi Offset, Yogyakarta, 1990.

Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat. UEU, Buku Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat. LPM UEU, Jakarta, 2005.

Philip Kolter dan AB Susanto, Manajemen Pemasaran di Indonesia, Salemba Empat, Jakarta, 1997.

Philip Kotler dan Antony, Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga, Jakarta, 2001.

Philip Kotler dan Gary Amstrongs, Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga, Jakarta, 2001.

Saputra, Agus, Agustin, Feni, Membangun Sistem Aplikasi E-Commerce dan SMS. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2012.

Sutarman, Membangun Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL. Graha Ilmu, Yogyakarta, 2008.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365