PELATIHAN MENGETIK SEBAGAI SARANA PENERAPAN KARAKTER DAN SKILL PADA SD/SMP BIRRUL WALIDAIN

Budi Budi Tjahjono

Sari


Abstrak
Mengetik merupakan ketrampilan dasar dalam penggunaan komputer dan akan selalu dipakai
selama komputer dioperasikan selain mouse.Ketrampilan ini seharusnya dikuasai oleh pengguna
komputer. Selain ketrampilan mengetik digunakan dalam operasi dasar komputer, ketrampilan ini
juga bisa digunakan dalam mencari nafkah bagi masyarakat dengan membuka jasa pengetikan. Di
daerah sekitar Jakarta yang menjadi basis mahasiswa, pelatihan ini akan membantu siswa dalam
mengerjakan tugas-tugas yang berbasis komputer. Metode pembelajaran yang digunakan melalui
format pelatihan mengetik diman dapat membuat suasana menjadi menyenangkan. Pembelajaran
ini diterapkan melalui metode pelatihan mengetik dengan menggunakan perangkat lunak Typing
Master. Tujuan diadakan pelatihan mengetik ini yaitu untuk membentuk karakter yang baik seperti
menghindari plagiat dimana biasanya dilakukan dengan copy paste karya yang lainnya. Dengan
pelatihan ini diharpkan mendapatkan skill keahlian mengetik yang nantinya akan bisa digunakan
untuk membuka peluang bisnis dan membuka lapangan kerja, sehingga dapat meningkatkan taraf
hidup. Diharapkan dengan pelatihn ini anak memiliki karakter jujur, disiplin, kerja keras, kreatif,
mandiri, rasa ingin tahu, tidak mengambil hak orang lain, menghargai karya orang lain, tanggung
jawab terhadap lingkungan sekitar. Dari berbagai karakter tersebut siswa melakukannya dengan
menguasai ketrampilan mengetik.
Kata kunci: Pelatihan, mengetik, pendidikan, karakter.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Fatchul Mu’in, Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik & Praktik,: Ar-Ruzz Media, Yogyakarta, 2011.

Abdul, Majid, Pendidikan Karakter Prospektif Islam, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2011.

Lusi Mahliana, Indriyana Dwi Mustikarini, Pendidikan Karakter Anak melalui Seni, Citizenship Jurnal pancasila dan Kewarganegaraan, IKIP PGRI Madiun, Madiun.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365