PELATIHAN PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP KURIKULUM KTSP BAGI GURU-GURU DI YAYASAN PERGURUAN BIRRUL WAALIDAIN

Ainur Rosyid

Sari


Abstract

Training on development of course design and syllabi for teachers was conducted based the need analysis examined by the founder of Birrul Walidain foundation and teachers. The facts found that, first, teachers still do not comprehensively understand about how to design a course or subject and syllabi. If teacher do not understand, teaching and learning process they conduct in class must be ineffective, meaningless, and purposeless. Second, syllabi and course design are one of the important aspects in school accreditation. When they are not available in the school, the school accreditation will not get a maximum grade, and will affect to reputation of school as well as the number of new students registration. The training has been conducted well enough. The training aims to help teachers in designing syllabi and course design. The presence and enthusiasm of the teachers proved that the training is highly necessary, and the training was going well. Besides, teachers after joining the training are able to design and develop the syllabi and course design, although it is not perfect syllabi.

Keywords: training, syllabi, teacher

Abstrak

Pelatihan mengenai pengembangan silabus dan RPP bagi guru-guru dilakukan berdasarkan analisa kebutuhan yang dilakukan oleh pemilik yayasan dan pengajar. Beberapa kondisi dan situasi teridentifikasi saat dilakukan analisis kebutuhan terkait pelatihan pengembangan kurikulum dengan memfokuskan pada pengambangan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah pertama, guru masih belum memahami benar seluk beluk penyusunan Silabus dan RPP. Jika guru belum memahami seluk beluk penyusunannya, maka secara otomatis pembelajaran di kelas tidak optimal atau asal-asalan. Kedua, silabus dan RPP adalah salah satu elemen penting dalam akreditasi sekolah. Jika elemen tersebut tidak dikerjakan atau dilakukan dengan maksimal, maka bisa dipastikan akreditasi sekolah mendapatkan nilai yang tidak maksimal, sehingga berakibat pada reputasi dan penerimaan siswa baru. Kegiatan pelatihan pengembangan silabus dan RPP kurikulum KTSP bagi guru-guru di Yayasan Perguruan Birrul Waalidain sudah terlaksana dengan cukup baik. Pelatihan ini bertujuan unutk membantu para guru di Yayasan Birrul Walidain dalam menyusun silabus dan RPP. Kehadiran dan antusiasme peserta merupakan bukti bahwa pelatihan ini sangat dibutuhkan dan proses pelatihan berjalan dengan baik. Selain itu, guru-guru setelah menerima pelatihan ini mampu menyusun dan mengembangkan silabus dan RPP, meskipun belum sempurna.

 Kata Kunci: pelatihan, silabus, guru


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Hamalik, Oemar. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Idi, Abdullah. (2014). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana.

Lunenburg, FC dan Ornstein, AC. (1991). Educational Administration: Concepts and Practices. Belmont, California: Wadsworth.

Niron, M, D. (2009). Pengembangan Silabus dan Rencana Pembelajaran dalam KTSP. Http://Staff.Uny.Ac.Id/Sites/Default/Files/131476798/Modul%20pengembangan%20silabus%20&%20rpp%20plpg%20pengawas.Pdf diakses 15 November 2015

NSDC. (2008). Powerful Design for Professional Learning (2nd Ed.). United States: NS




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v3i1.1653

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats