PELATIHAN LITERASI IKLAN UNTUK MAHASISWA MANAJEMEN BISNIS DI JAKARTA BARAT

Jatmiko Jatmiko, Sri Handayani, Sugiyanto Sugiyanto

Sari


Abstract

Students (teenagers) and consumption, one of the things that distinguishes the other age groups, especially the level of independence in some establishments. In terms of money, teens have more pocket money than children and, consequently, more snacks. In taking the decision to buy teenagers do not need to ask and ask permission to the parent when the pocket. He took his own decision based on the ability to weigh the information.The main purpose of training community service activities in business management students to have the literacy skills of advertising is; Providing the insight and importance of the literacy skills of ads on undergraduate students in Jakarta in consumptive life. Through this training in the end the students have the literacy skills of behavioral advertising, thus avoiding the consumptive life. The unit P2M performed at the final level students from universities in West Jakarta.The method used in the implementation of the Community Service is packaged using a workshop approach. Activities carried out using the method of lecture, discussion and exercises. Steps being taken beginning with the pre-test advertising literacy skills possessed. After training through lectures, discussions and exercises posttes then performed by filling a questionnaire to measure the value of advertising literacy that they have after the training. Through this method, the equipment used is a Laptop, jaringa Internet, examples of advertising print media or electronic media. Implementation of service activities through the lecture method is able to unlock the knowledge of the students in understanding the importance of literacy within the scope of advertising consumptive life, so that students learn to avoid consumer behavior. Concretely end of community service can be concluded bhawa dalajm daily life in this modern environment with enough pocket money, students need to get advertising literacy training in order to avoid consumer behavior.

Keywords: literacy, advertising, consumer

                                     Abstrak

Mahasiswa (remaja) dan Konsumsi, salah satu hal yang membedakan terhadap kelompok usia lain terutama tingkat kemandirian dalam beberapa segi. Dalam segi uang,remaja memiliki uang saku yang lebih besar ketimbang anak dan, akibatnya, jajan lebih banyak. Dalam pengambilan keputusan membeli anak remaja tidak perlu bertanya dan meminta ijin kepada orangtua saat jajan. Ia mengambil keputusan sendiri berdasarkan kemampuan menimbang informasi. Tujuan utama kegiatan pengabdian masyarakat pada pelatihan mahasiswa manajemen bisnis untuk memiliki kemampuan literasi iklan adalah; Memberikan wawasan pengetahuan dan  pentingnya kemampuan literasi iklan pada mahasiswa strata satu di Jakarta dalam hidup konsumtif. Melalui pelatihan ini pada akhirnya mahasiswa memiliki kemampuan literasi iklan sehingga terhindar dari prilaku hidup konsumtif. Adapun unit P2M dilakukan pada Mahasiswa tingkat akhir dari perguruan tinggi di wilayah Jakarta Barat. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat  ini dikemas dengan menggunakan pendekatan workshop. Kegiatan dilakukan  menggunakan  metode ceramah, diskusi  dan latihan. Tahapan yang dilakukan diawali dengan pre test kemampuan literasi iklan yang dimiliki. Setelah mengikuti pelatihan melalui ceramah, diskusi, dan latihan selanjutnya dilakukan posttes melalui pengisian kuesioner untuk mengukur nilai literasi iklan yang mereka miliki setelah pelatihan. Melalui metode ini peralatan yang digunakan adalah Laptop, Jaringa Internet, contoh-contoh iklan media cetak ataupun media elektronik. Pelaksanaan kegiatan pengabdian melalui metode ceramah ini mampu membuka wawasan para mahasiswa dalam memahami pentingnya literasi iklan dalam lingkup hidup konsumtif, sehingga mahasiswa belajar menghindari perilaku hidup konsumtif. Secara kongkrit akhir dari pengabdian pada masyarakat ini dapat di simpulkan bahwa dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan yang modern ini dengan uang saku yang cukup, mahasiswa perlu mendapatkan pelatihan literasi iklan agar terhindar dari perilaku hidup konsumtif.

Kata Kunci: literasi, iklan, konsumtif


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2007). Panduan Penyusunan Perangkat Portofolio Sertifikasi Guru dalam Jabatan. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2007). Pedoman Penetapan Peserta dan Pelaksanaan Sertifikasi Guru dalam Jabatan. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2007). Pedoman Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan. Jakarta: Depdiknas.

Harry Firman. (2004). Menulis Karya Ilmiah. Artikel diakses dari www.fmipa.edu pada 12 Februari 2009

Zulmasri. (2008). Pedoman Singkat Karya Tulis Ilmiah. Artikel diakses dari www.zulmasri.ordpress.com pada tanggal 12 Februari 2009




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v3i1.1658

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats