PENILAIAN STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR DURI KEPA 11 MENGGUNAKAN INDEKS TINGGI BADAN MENURUT UMUR DAN INDEKS MASSA TUBUH MENURUT UMUR

Rachmanida Nuzrina, Vitria Melani, Putri Ronitawati

Sari


Abstract

The quality of Indonesian children is an important determinant for the quality of Human Resources in the next generation, so that Indonesian can be taken into account at the global level. High quality human resources is determined by several factors, such as adequate nutrient intake and optimal nutritional status. This activity aimed to measure the height and weight of students to obtain the nutritional status of primary school students using BAZ Score and HAZ Score. This activity carried out in March 2016. The sample size of this activity are 83 school age children grades 3 and 4 elementary school. Nutritional status measurement was done by measuring the height and weight of the children and then calculate the Z score. Z Score result then compared with the nutrtional status WHO 2005 standards. Results showed that most of children have normal nutritional status according to HAZ Score Index , however there are five children who on Stunted and severe stunted nutritional status. While based on the BAZ Score Indeks , Most of children (52 persons) have normal nutritional status. There are 25 children who are overweight. Periodic assessment of nutritional status were needed as a basis to an interventions to nutritional problems among schhol age children.

Keywords: nutritional status, BAZ Score, HAZ score, school age children

Abstrak

Kualitas anak-anak Indonesia merupakan penentu kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di masa mendatang dan menjadi generasi penerus pembangunan negara serta investasi Indonesia menuju negara maju yang dapat diperhitungkan di tingkat global. Terbentuknya SDM yang berkualitas, yaitu sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah terpenuhinya kebutuhan pangan yang bergizi dan tercapainya status gizi optimal. Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur tinggi badan dan berat badan siswa sehingga didapatkan gambaran status gizi siswa sekolah dasar dengan indeks TB/U dan IMT/U. Waktu kegiatan dilakukan pada bulan Maret 2016. Besar sampel kegiatan ini adalah anak-anak usia sekolah kelas 3 dan 4 yang berjumlah 83 orang. Pengukuran status gizi dilakukan dengan cara mengukur tinggi badan dan berat badan kemudian dilakukan perhitungan Z Score dan dibandingkan dengan baku standar WHO 2005. Berdasarkan hasil kegiatan didapatkan hasil bahwa menurut indeks TB/U sebagian besar anak berstatus gizi normal, namun terdapat 5 orang berstatus gizi pendek dan pendek sekali. Sedangkan berdasarkan indeks massa tubuh menurut umur, 52 orang anak berstatus gizi normal dan 25 orang berstatus gizi lebih serta sisanya berstatus gizi kurang. Perlu diadakan penilaian status gizi berkala serta intervensi terhadap masalah gizi yang dialami oleh siswa dan siswi di SDN Duri Kepa 11 Jakarta Barat.

Kata Kunci : status gizi, IMT/U, TB/U, siswa sekolah dasar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Achadi, E. (2007). Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Almatsier, Sunita. (2009). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Anzarkusuma, I. S., Mulyani, E. Y., Jus’at, I., & Angkasa, D. (2014). Status Gizi Berdasarkan Pola Makan Anak Sekolah Dasar Di Kecamatan Rajeg Tangerang. Indonesian Journal of Human Nutrition, 1(2), 135–148. http://ijhn.ub.ac.id /index.php /ijhn/article/view/109.

Badan Pusat Statistik. (2015). Proyeksi Penduduk Indonesia Menurut Provinsi 2010-2035. Diakses dari https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1810

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 2010. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2010. Penerbit: Kemenkes RI. Jakarta

BAPPENAS. (2010). RANPG 2006-2010, 1–60.

Balitbangkes Kemenkes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar 2013.

Barasi, M.E. (2009). At A Glance Ilmu Gizi. Jakarta: Erlangga.

Devi, Nirmala. (2012). Gizi Anak Sekolah. Jakarta : Kompas.

Dwiningsih, Pramono A. (2013). Perbedaan Asupan Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, dan Status Gizi pada Remaja yang Tinggal di Wilayah Perkotaan dan Pedesaan. Journal of Nutrition College, 2(2): 232-241. Diakses dari http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jnc/article/view/2748/2735

Enirufaeda. (2011). Upaya Keluarga Dalam Meningkatkan Status Gizi Anak Usia Sekolah 6-12 Tahun. Skripsi. Universitas universitas Muhamadiyah Semarang. Diakses dari http://digilib.unimus.ac.id/files/disk1/123/jtptunimus-gdl-enirufaeda-6106-2-babii.pdf..

Hardinsyah. (2014). Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013. Diakses dari http://himagizi.lk.ipb.ac.id/files/2014/01/AKG2013-Hardin-Final-Edit-bersama.pdf

Haryanto, I. (2012). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Obesitas (Z-Score > 2 IMT Menurut Umur) Pada Anak Usia Sekolah Dasar (7-12 Tahun) di Jawa Tahun 2010 (Analisis Data Riskesdas 2010). Tesis Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20314111...Faktor-faktor-full%20text.pdf.

Hidayati, F. (2011). Hubungan Antara Pola Konsumsi, Penyakit Infeksi, dan Pantang Makanan Terhadap Risiko Kurang Energi Kronis (KEK) Pada Ibu Hamil di Puskesmas Ciputat Kota Tangerang 2011. Skripsi. UIN Syarif Hidyatullah Jakarta.Selatan Tahun

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak & Badan Pusat Statistik. (2012). Profil Anak Indonesia 2012. dari www.kemenpppa.go.id/index.php/.../profil-anak?...510%3Aprofilanak201..

Khatri, R. B., Mishra, S. R., Khanal, V., & Choulagai, B. (2015). Factors Associated with Underweight among Children of Former-Kamaiyas in Nepal. Front Public Health, 3(11), 7. http://doi.org/10.3389/fpubh.2015.00011 http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4310217/

Kurniasih, D., Hilmansyah H., Astuti, Imam. (2010). Sehat & Bugar Berkat Gizi Seimbang. Nakita & Yayasan Institute Danone. Bab V. Jakarta : PT Gramedia

Moehji, S. (2003). Ilmu Gizi 2 Penanggulangan Gizi Buruk. Jakarta : Papar Sinar Sinanti.

Olack, et al. (2011). Nutritional Status of Under-Five Children Living in an Informal Urban Settlement in Nairobi, Kenya. Journal Health Population Nutrient, 29(4):357-363. PMCID: PMC3190366. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3190366/

Pudjiadi, S. (2000). Ilmu Gizi Klinis Pada Anak. Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Roihah, Imalatur. (2009). Implikasi Teori Kognitif Jean Piaget dalam Pembentukan Kepribadian Muslim pada Anak Usia Sekolah 7-12 Tahun. Skripsi. http://digilib.uin-suka.ac.id/2620/1/BAB%20I,V.pdf.

Rojroongwasinkul, N., Kijboonchoo, K., Wimonpeerapattana, W., Purttiponthanee, S., Yamborisut, U., Boonpraderm, A., … Khouw, I. (2013). SEANUTS : the nutritional status and dietary intakes of 0 . 5 – 12-year-old Thai children, 25, 36–44. http://doi.org/10.1017/S0007114513002110. Diakses dari http://journals.cambridge.org/download.php?file=%2FBJN%2FBJN110_S3%2FS0007114513002110a.pdf&code=0a00f35bad48dd839ea5704c1f57a0b3

Sandjaja, et al. (2009). Kamus Gizi Pelengkap Kesehatan Keluarga. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Sediaoetama, A.D. (2010). Ilmu Gizi Untuk Mahasiswa dan Profesi Jilid I. Jakarta: Dian Rakyat.

Septiani, Seala. (2012). Hubungan Status Gizi (Indeks TB/U) dan Faktor Lainnya dengan Prestasi Belajar Siswa SDN Cinere 2, Cinere Depok Tahun 2012. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Septriarini, C. (2008). BAB I Pendahuluan. Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia, 1–10.

Soetardjo, Susirah. (2011). Gizi Seimbang Dalam Daur Kehidupan. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Soetjiningsih. (1998). Tumbuh Kembang Anak.Jakarta : EGC

Supariasa, I.N., Bakri, B., Fajar, I.(2001). Penilaian Status Gizi. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Swinburn, B. A., Caterson, I., Seidell, J. C., & James, W. P. T. (2004). Diet , nutrition and the prevention of excess weight gain and obesity. Public Health Nutrition, 7(1A), 123–146. http://doi.org/10.1079/PHN2003585

Yulni, Hadju, V., Virani, D. (2013). Hubungan Asupan Zat Gizi Makro dengan Status Gizi Pada Anak Sekolah Dasar di Wilayah Pesisir Kota Makassar Tahun 2013. Program Studi Ilmu Gizi Universitas Hasanuddin Makassar.

Yayasan Institut Danone. 2010. Sehat & Bugar Berkat Gizi Seimbang. Penerbit: PT. Gramedia. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v3i1.1663

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats