PERANCANGAN ULANG COORPORATE IDENTITY RUMAH MAKAN KANCIL LAUT DI PULAU UNTUNG JAWA

Indra Gunara Rochyat

Sari


Abstract

Communication is a very important human need. Communication is required to gain or provide information from or to other people. The need for information is increasing, so people need communication tools that can be used anytime and wherever they are. For that needed a corporate identity, a communicative promotional media to introduce the identity of a company to the public. The goal is of course to improve the company's image. One need corporate identity hare of Restaurant Seafood is located in Untung Jawa Island. The restaurant is is necessary to redesign the corporate identity to introduce a unique culinary products Untung Jawa Island's coast. The author made observations of ingredients composed on the products presented and displayed by RM Seafood hare, so that later can be visualized. Also the design elements of that will adjust the product as the identity of the company which is engaged in the sale foods. Things is discussed by dedication to the community program is to implement change redesign of RM Kancil Laut branding design which eventually produce a new design of a corporate identity RM Kancil Laut restaurant which is expected to raise the image and the economy of owner of RM Kancil Laut. The results of the development of the new design of the corporate identity of RM Kancil Laut is expected to become a reference for similar types of businesses in the area Untung Jawa Island to participate and improving the corporate identity.

 

Keywords: re-design, Kancil Laut Restaurant, Untung Jawa Island

 

Abstrak

Komunikasi merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting. Komunikasi dibutuhkan untuk memperoleh atau memberi informasi dari atau kepada orang lain. Kebutuhan untuk mendapatkan informasi semakin meningkat, sehingga manusia membutuhkan alat komunikasi yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun mereka berada.Untuk itulah diperlukan sebuah corporate identity, sebuah media promosi yang komunikatif untuk memperkenalkan identitas dari sebuah perusahaan kepada masyarakat.Tujuannya sudah tentu meningkatkan citra perusahaan tersebut.Salah satu yang butuh corporate identity adalah Rumah Makan Kancil Laut yang berada di Pulau Untung Jawa.Rumah makan ini perlu dilakukan perancangan ulang corporate identity untuk memperkenalkan produk kuliner khas pantai Pulau Untung Jawa ini. Penulis melakukan observasi terhadap bahan-bahan yang tersusun pada produk ayng disajikan dan diperlihatkan oleh RM Kancil Laut, agar nantinya dapat divisualisasikan. Juga terhadap unsur-unsur desain yang nantinya menyesuaikan dengan produk sebagai identitas perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan makanan. Hal yang dibahas di program pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan melaksanakan perubahan rancangan ulang desain branding RM Kancil Laut yang pada akhirnya menghasilkan sebuah desain baru dari sebuah identitas perusahaan restoran RM kancil Laut yang diharapkan mampu mengangkat citra dan perekonomian pemilik RM Kancil Laut. Hasil dari pengembangan desain baru identitas RM Kancil Laut ini diharapkan menjadi acuan bagi jenis usaha sejenis di daerah Pulau Untung Jawa untuk ikut serta memperbaiki identitas perusahaan.Hal yang dibahas di program pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan melaksanakan perubahan rancangan ulang desain branding RM Kancil Laut yang pada akhirnya menghasilkan sebuah desain baru dari sebuah identitas perusahaan restoran RM kancil Laut yang diharapkan mampu mengangkat citra dan perekonomian pemilik RM Kancil Laut

Kata kunci : perancangan ulang, rumah makan Kancil Laut, pulau Untung Jawa


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Ali,Mat. (2014). 30 Menit Mahir Membuat Ide Kreatif dan Desain Logo. Jakarta: Techno Publishing.

Cenadi, C.S. (1999). Elemen-elemen dalam desain komunikasi visual. NIRMANA, 1/1: 1 – 11.

Cenadi, C.S. (1999). Corporate identity, Sejarah dan aplikasinya. NIRMANA, 1/2: 71 – 78.

Hendi, Martinus. (2010). Desain Ulang Logo CV. D&E Security System.

Kusmiati, R. Artin Pujiastuti, Sri. Dan Pamudji, Suptandar. (1999). Teori Dasar Komunikasi Visual. Jakarta : Djambatan

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Lillian, Garreth. (1986). Disain Visual. Penerjemah Budihardjo Wiryodirdjo dan Bambang Dwiantoro.Yogyakarta : Fakultas Senirupa dan Disain ISI.

Napoles, Veronica. (1988). Corporate ldentity Design. New York : Van Nostrand Reinhold.

Rustan, Surianto. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Supriyono, Rahmat. (2010). Desain Komunikasi Visual, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365