RE-DESIGN IDENTITAS PERUSAHAAN VICTORIA HOMESTAY DIPULAU UNTUNG JAWA

Muhammad Fauzi

Sari


Abstract

The phenomenon of communication is a very important human need. Communication is required to obtain or provide information from or to others. The need for information is increasing, so people need communication tools that can be used whenever and wherever they are. For that reason in community service can give suggestions and turning a good visual communication such as corporate identity is a communicative media campaign to introduce the identity of a company to the public. The goal is certainly improve the company's image. One need corporate identity Victoria Homestay is located in Untung Jawa Island. The house specialty is necessary to redesign the corporate identity to enhance the business potential of the manager of the inn and this design can be used as a reference or input for other accommodation so as to enrich the aesthetics of the island of Untung Jawa through art and design. Results The design is made with pop arts style starting from logo design, typography, signage and stationery. The location of this activity is in Untung Jawa Island Region, district South Thousand Islands, Thousand Islands regency, Jakarta with collection systems and design on April 7 to July 1, 2015 at 36 hours. This activity involves the owner of Victoria Homestay in Untung Jawa Island, writers and visual communication design Esa Unggul University Student.

Keywords: corporate identity, Victoria Homestay, Untung Jawa Island

Abstrak

Fenomena dalam komunikasi merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting. Komunikasi dibutuhkan untuk memperoleh atau memberi informasi dari atau kepada orang lain. Kebutuhan untuk mendapatkan informasi semakin meningkat, sehingga manusia membutuhkan alat komunikasi yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun mereka berada. Untuk itulah dalam pengabdian kepada masyarakat dapat memberi usulan dan merubah sebuah komunikasi visual yang baik seperti corporate identity yaitu sebuah media promosi yang komunikatif untuk memperkenalkan identitas dari sebuah perusahaan kepada masyarakat. Tujuannya sudah tentu meningkatkan citra perusahaan tersebut. Salah satu yang butuh corporate identity adalah Victoria Homestay yang berada di Pulau Untung Jawa. Rumah penginapan ini perlu dilakukan perancangan ulang corporate identity untuk meningkatkan potensi bisnis pengelola rumah penginapan dan perancangan ini dapat dijadikan sebagai acuan atau masukan untuk penginapan lainnya sehingga dapat memperkaya estetika pulau Untung Jawa melalui seni dan desain. Hasil Rancangan di buat dengan gaya desain pop art dimulai dari logo, tipografi, signage, dan stationery. Lokasi kegiatan ini berada di Wilayah Pulau Untung Jawa, kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta dengan sistem pengumpulan dan perancangan pada tanggal 7 April – 1 Juli 2015 dengan waktu 36 jam. Kegiatan ini melibatkan pemilik Victoria Homestay di Pulau Untung Jawa, penulis, dan mahasiswa desain Komunikasi Visual Universitas Esa Unggul.

Kata Kunci: identitas perusahaan, victoria homestay, pulau Untung Jawa


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Lillian, Garreth. (1986). Disain Visual. Penerjemah Budihardjo Wiryodirdjo dan Bambang Dwiantoro. Yogyakarta : Fakultas Senirupa dan Disain ISI.

Napoles, Veronica. (1988). Corporate ldentity Design. New York : Van Nostrand Reinhold.

Rustan, Surianto. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Supriyono, Rahmat. (2010). Desain Komunikasi Visual, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN CETAK : 2406-8365